Beranda Bogor Raya Awasi Pedagang Nakal Jelang Ramadan

Awasi Pedagang Nakal Jelang Ramadan

ILUSTRASI: Transaksi antara pedagang dan calon pembeli di Pasar Cibinong. Pojok Jabar

CIBINONG–RADAR BOGOR,Sudah menjadi pekerjaan rumah tiap tahunnya bagi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Kabupaten Bogor, memastikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan tetap stabil.

Kabid Perdagangan pada Disperdagin Kabupaten Bogor, Jona Sijabat menuturkan, sepe­kan jelang bulan puasa pihak­nya akan melakukan peman­tauan ke pasar-pasar tradisional, termasuk pasar modern.

“Sudah ada jadwalnya. Ada tim nanti yang turun, mengajak juga pihak kepolisian. Ya, sampai sejauh mana perkem­bangannya.

universitas pakuan unpak

Apakah ada ke­naikan, khususnya bahan pokok,” tuturnya kepada Radar Bogor, kemarin (26/4).

Jona melanjutkan, hingga kini harga bahan pokok cen­derung stabil. Belum ada kenaikan yang signifikan. Untuk menekannya, pihaknya akan menggelar bazar yang dibantu oleh kelompok kebutuhan masya­rakat (Kepokmas). “Kami juga panggil tukang daging agar mereka terlibat di bazar Ramadan ini,” katanya.

Di sisi lain, kata Jona, pihaknya juga mengantisipasi adanya pedagang-pedagang yang menimbun barang dagangan­nya, agar bisa dijual dengan harga lebih tinggi di bulan puasa nanti.

“Indikasinya belum ada. Mereka juga sudah mikir, karena kalau ketahuan, nanti polisi akan ikut turun. Mereka juga khawatir karena pasti di­ke­nakan sanksi,” sebutnya.

Jika pun ada kenaikan, bisa disebabkan dengan banyak hal. Seperti tingginya permin­taan barang maupun ketidak­seim­bangan antara suplai de­ngan permintaan. “Itulah nanti yang kami pantau, seperti kenai­kan harga beras kemarin.

Wajib di­pan­tau terus, jangan sampai melebihi HET yang diten­tukan peme­rintah,” pungkasnya. (wil/c)