25 radar bogor

Pembangunan Rusun Lansia Habiskan Rp16,2 M

SIAP DIGUNAKAN: Rusunawa lansia di Jalan Karya Bhakti Cibubur sudah bisa digunakan dengan anggaran pembangunan Rp16,19 miliar.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Biaya pembangunan rusun yang dibangun Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Rumah Susun Direktorat Jende­ral Penyediaan Peruma­han Kementerian PUPR ternyata tidak kecil. Nilainya mencapai Rp16,19 miliar.

Rusunawa di Jalan Karya Bhakti ini memiliki satu tower yang terdiri tiga lantai dengan tipe 24. Jumlah unit rusunawa tersebut sebanyak 90 hunian dilengkapi ruang pengelola, ruang usaha, musala, dan ruang serbaguna. Dari total 90 unit, lantai satu terdiri dari 22 unit, lantai dua dan tiga masing-masing terdiri 34 unit.

Setiap unitnya akan dihuni oleh seorang lansia. Masing-masing unitnya juga dilengkapi tempat tidur, lemari, sofa, meja tamu, kursi makan, dan meja makan.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi AH mengatakan, tujuan pembangunan rusunawa ini untuk memberikan fasilitas bagi para lansia agar dapat beristirahat dengan layak dan bersosialisasi dengan lansia lain di masa tua. Pembangunan rumah susun juga merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo untuk mengurangi backlog perumahan sebesar 11,4 juta unit pada 2015.

”Karena rusun ini untuk lansia, di samping fasilitas standar seperti furnitur, dilengkapi pula fasilitas sosial seperti kursi santai di ruang terbuka. Tujuannya untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk mereka berinteraksi,” ujar Khalawi.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan Cibubur Haryono Suyono mengatakan, rusun untuk lansia ini sangat dibu­tuhkan. Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang telah merespons positif usulan pemba­ngunan rusunawa lansia tersebut.

”Selama ini rusun untuk lansia ini kondisinya sudah tidak layak. Untuk itu saya mengajukan usulan pembangunan kepada pak menteri PUPR untuk membuatkan rusun baru, dan alhamdulillah disetujui,” pungkasnya.(mar)