Beranda Nasional Sejarah Baru, Satu Kontingen Polwan Dikirim ke PBB

Sejarah Baru, Satu Kontingen Polwan Dikirim ke PBB

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat apel pagi di Silang Monas, Rabu (25/4).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kinerja polisi wanita (polwan) Indonesia makin dilirik dunia internasional. Bahkan kini, mereka dilirik untuk menjadi pasukan penjaga perdamaian untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku, didatangi langsung utusan PBB yang meminta polwan bergabung menjadi pasukan perdamaian beberapa waktu lalu. “Ini permintaan khusus dari Sekjen PBB,” katanya usai apel bersama wanita TNI, polwan, dan wanita komponen bangsa lainnya di Silang Monas, Jakarta, Rabu (25/4).

Menurut Tito, datangnya permintaan dari utusan PBB itu lantaran mereka telah melihat kinerja polwan RI yang sebelumnya bergabung dalam misi perdamaian. Kinerja mereka dinilai cukup baik, apalagi dalam hal menangani wanita dan anak-anak di camp pengungsian di daerah konflik.

universitas pakuan unpak

“Mereka paham kalau polwan kita memiliki kualitas yang sangat bagus,” ucapnya.

Tito lebih lanjut mengatakan, Polri bakal mengirim sekitar 23 polwan untuk pasukan PBB. Mereka akan bertugas selama tiga bulan ke depan.

“Inilah kontingen pertama kita sepanjang Polri ada. Selama ini polwan hanya tambahan-tambahan saja. Kalau sekarang polwan postur lengkap,” pungkasnya. (ysp)