Beranda Bogor Raya Barat Utara Jumlah Lansia Menganggur Meningkat

Jumlah Lansia Menganggur Meningkat

CERIA: Para lansia saat peringatan Hari Kartini mengikuti senam ringan di aula Masjid Madinah, Parung, kemarin.

PARUNG-RADAR BOGOR,Berdasarkan data satuan kerja nasional (satker­nas) yang dirilis pada Agus­tus 2016, jumlah penduduk In­do­nesia yang berstatus lan­sia semakin meningkat. Terca­tat, penduduk usia kerja lan­sia se­­banyak 22,79 juta orang, angkatan kerja lansia 10,96 juta orang, penduduk lansia yang bekerja sebanyak 10,79 juta orang, dan penganggur terbuka lan­­sia sebanyak 165.702 orang.

Dari data tersebut, pengang­g­uran terbuka lansia lebih ba­nyak daripada laki-laki, yai­tu se­besar 99.229 orang dari­pa­da perempuan yang ha­nya 66.474. Dari segi wilayah, ang­ka pe­ngang­guran lansia di perkotaan lebih tinggi dari di pedesaan.

Pembina Yayasan Dompet Dhuafa Parni Hadi mengata­kan, Gerakan Relawan Lansia Indo­nesia (Gerli) adalah sebuah gerakan nurani yang fokus memperhatikan para lansia di Indonesia. Sebab, termasuk bagian dari Ikatan Relawan Sosial Indonesia (Irsi).

universitas pakuan unpak

”Salah satu indikator pening­katan keberhasilan pembangu­nan nasional itu ditentukan juga dari angka kesejahteraan para lansia. Dan ini masih men­jadi tantangan berat bagi semua pihak. Peningkatan pro­duktivitas lansia akan me­miliki dampak yang signi­fikan terhadap ekonomi keluar­ga, masyarakat, maupun kepe­me­rintahan,” ujarnya.

Selain menyinggung soal angka lansia, Parni juga mem­beberkan makna relawan ke­pada para lansia. Menurutnya, relawan bermakna menolong sesama, menjadi guru, bahkan bisa saja mendongeng dan menjadi pemandu.

”Jadi, Gerli adalah wa­dah ke­giatan para lansia di Indone­sia yang memiliki jiwa kepedu­lian dan kesukarelaan. With and for love, semua dilaku­kan de­ngan dan untuk kasih sa­yang terhadap sesama,” ujar Parni.

Sementara itu, peserta Gerli, Nuraini (72) me­ngaku sangat terhibur de­ngan rangkaian aca­ra peringatan Kartini yang di­gelar Gerli.

”Senang bisa kumpul dan silaturahmi dengan yang lain­nya. Malahan tadi bisa ikut senam. Jadi serasa muda lagi,” pungkasnya. (cr3/c)