Beranda Bogor Raya Jadi Buangan Sampah, Pasar Cikereteg Diportal

Jadi Buangan Sampah, Pasar Cikereteg Diportal

LANGKAH TEGAS: Portal untuk menghalangi pembuang sampah.

CARINGIN-RADAR BOGOR,Banyaknya warga yang membuang sampah ke lokasi pasar, membuat Unit Pasar Cikereteg, Kecamatan Caringin, geram. Sebab, hal tersebut berakibat pada membengkaknya volume sampah di area pasar yang harus diangkut Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

Kepala Unit Pasar Cikereteg Andang Iskandar pun mengaku kecolongan akan hal itu. ”Bayangkan saja, bulan lalu ritasi pengangkutan sampah yang biasanya hanya tujuh kali, menjadi 13 kali.

Pasar Cigudeg saja yang kondisinya jauh lebih besar dibandingkan Cikereteg, satu bulan itu hanya delapan kali pengangkutan,” ungkapnya kepada wartawan di kantor Unit Pasar Cikereteg.

Mengetahui hal itu, mantan pegawai yang dulunya sebagai satuan pengawas internal (SPI) di PD Pasar Tohaga itu, langsung memasang portal di pintu masuk pasar. Lanjut Andang, portal dibuat untuk mengantisipasi warga yang sengaja membuang sampah dari rumahnya ke lokasi Pasar Cikereteg.

”Kami juga memasang spanduk larangan membuang sampah ke tempat pembuangan sampah di pasar. Kalau ketahuan, kami akan denda Rp500.000,” tegasnya.

Selain itu, pengamanan pasar, baik siang maupun malam, juga akan lebih ditingkatkan. Sehingga, siapa pun yang masuk ke area pasar tidak bisa sembarangan.(dka/c)

”Soalnya kami pernah menangkap pembuang sampah, itu kondisinya masih pagi. Biasanya warga nyuruh tukang ojek yang membuang sampahnya. Kami peringatkan agar jangan membuang sampah lagi ke lokasi pasar!” tukas Andang.(dka/c)