25 radar bogor

Sebarkan ”Virus” Ramah Lingkungan

PERINGATI HARI BUMI: Sejumlah relawan lingkungan hidup saat peringati Hari Bumi, Minggu (22/4) Sofian Syah

CIBINONG–RADAR BOGOR,Dinas Ling­kungan Hidup (DLH) bersama Relawan Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Mereka turun di tengah keramaian untuk mengajak masyarakat agar turut menjaga lingkungan.

Kegiatan yang dikemas dengan pawai tersebut, bertajuk Sayangi Bumi. Bahkan, mereka tak sungkan memunguti sampah yang berserakan di jalan ataupun tempat umum lainnya.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Bogor Atis Sutisna menjelaskan, peringatan Hari Bumi tersebut dilakukan di dua tempat berbe­da, yakni di Stadion Pakan­sari dan Situ Front City.

”Agar sosialisasi sayangi bumi dan membersihkannya dari sam­pah ini bisa diketahui banyak orang, kami melaku­kannya di pusat-pusat kera­maian,” ujar Atis, Minggu (22/4).

Ia menjelaskan, dalam sosialisasi tersebut masyarakat diajarkan 3R (reuse, reduce, recycle) sampah. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang menga­kibatkan sampah, dan recycle berarti mengolah kembali sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat.

”Dengan melakukan 3R di rumah masing-masing, berarti ikut mengurangi sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) sebanyak 70 persen dari yang sudah berjalan,” ucapnya.

Selain lingkungan lebih bersih dan sehat, warga juga akan mendapatkan tambahan penghasilan karena sampah bisa diolah jadi kerajinan tangan atau dijual ke bank sampah yang ada di sekitar lingkungannya.

Lewat kegiatan tersebut, Atis berharap masyarakat lebih bertanggung jawab mengelola atau membuang sampah. Terlebih, DLH Kabupaten Bogor akan menggelar lomba Kabupaten Bogor Green and Clean.(wil/c)