Beranda Berita Utama Puting Beliung Landa Yogya, Puluhan Rumah Rusak

Puting Beliung Landa Yogya, Puluhan Rumah Rusak

TUMBANG: Pohon bertumbangan di halaman sebuah sekolah pasca puting beliung (Twitter/infomitigasi)

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIY) dilanda puting beliung dan angin kencang, Selasa (24/4). Akibatnya, sebanyak 20 rumah warga mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, puluhan pohon juga bertumbangan.

Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta Agus Sudaryatno mengatakan, angin kencang yang menyertai hujan lebat terjadi di beberapa titik. Di Kabupaten Sleman terpantau di Kecamatan Godean, Gamping, Depok dan Sleman.

Kemudian di Bantul terjadi di Kecamatan Banguntapan. Selanjutnya di Kota Jogjakarta angin kencang melanda Kecamatan Demangan dan Gondokusuman.

universitas pakuan unpak

“Karena adanya aktivitas awan konvektif, yang tumbuh sangat aktif dan bersifat lokal. Imbauannya agar masyarakat tidak berteduh di bawah pohon ketika terjadi hujan disertai angin kencang,” kata Agus.

Angin puting beliung juga sempat menerpa Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD. Lokasinya di Jalan Timoho, Gondokusuman, Kota Jogjakarta. Akibatnya beberapa pohon di sekitar kampus tumbang. (dho/ysp/JPC)