Beranda Bogor Raya Barat Utara Baru Kelola Satu Objek Wisata

Baru Kelola Satu Objek Wisata

IKON: Gunung Kapur di kawasan Pemandian Air Panas Ciseeng jadi magnet pengunjung berswafoto dan jadi daya tarik utama wisatawan.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Lima tahun te­rak­hir, minat masyarakat me­ngunjungi objek wisata alam di Kabupaten Bogor te­rus meningkat. Sayang­nya, hal ini belum disikapi se­rius Peme­rintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor sebagai potensi penda­patan asli daerah (PAD).

Faktanya, berdasarkan data dari PT Sayaga Wisata yang merupakan badan usaha milik daerah (BUMD) Ka­bupaten Bogor, terdapat 75 objek wisata potensial yang bisa diman­faatkan seb­a­gai ladang untuk meningkat­k­an PAD.

Namun, dari puluhan objek wisata alam tersebut, nyaris tak ada satu pun yang status pengelolaannya milik Pemkab Bogor. PT Sayaga Wisata yang berdiri sejak 2014 lalu, bahkan baru mampu mengelola satu objek wisata, yakni Pemandian Air Panas Ciseeng.

universitas-nusa-bangsa

Dir­ek­­tur Utama PT Sayaga Wisata Kabupaten Bogor Supriadi Jufri mengung­kapkan, pihaknya langsung membenahi Pemandian Air Panas Ciseeng secara me­nyeluruh lantaran kurang tertata dengan baik saat dike­lola pihak swasta. ”Peman­dian Air Panas Ciseeng ini sangat potensial (raih PAD). Tapi sayang, pengelolaan pihak sebelumnya sangat buruk,” ujarnya.

Pihaknya juga melibat­kan pemerintah desa atau ba­dan usaha milik desa (BUMDes). Hal ini sesuai dengan ren­ca­na jangka panjang peru­sa­haan (RJPP).

Jufri melanjutkan, PT Sayaga Wisata juga melibatkan seni­man dan budayawan untuk me­me­riahkan suasana di tempat wisata.

”Kami ada ren­cana ke arah sana. PT Sayaga Wisata akan ikut melestarikan dan me­ngem­­bangkan seni dan bu­­daya lokal (Sunda),” tu­kas­­nya. (wil/c)