Beranda Berita Utama Server Offline Sejak Pagi, UNBK SMP Molor Dua Jam

Server Offline Sejak Pagi, UNBK SMP Molor Dua Jam

Ilustrasi UNBK SMP

BOGOR – RADAR BOGOR, Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP hari pertama di Kota Bogor mengalami gangguan. Peseta ujian sesi pertama di seluruh Kota Bogor terpaksa harus menunggu kurang lebih 2 jam dari jadwal pelaksanaan UNBK, karena token untuk masuk ke soal-soal ujian dari pusat molor dirilis.

Seperti yang terjadi di SMPN 5 Kota Bogor, server offline sejak pagi dan peserta UNBK pun terpaksa harus menunggu di ruang kelasnya masing-masing sejak pagi. “Server pusat maintenence,” kata Wakasek kurikulum SMPN 5 Kota Bogor, Yayuk Arnawati.

Selain masalah server, menurutnya tidak ada kendala lain yang dialami di SMPN 5. “Kehadiran siswa 100 persen, tidak ada kendala apapun, hanya itu saja (server offline, red),” ungkapnya.

Hal serupa juga dialami di SMPN 3 Kota Bogor. Kepala SMPN 3 Kota Bogor, Nyayu Toyibah mengiyakan bahwa kegiatan UNBK belum berjalan lantaran token belum dirilis dari pusat. “Token itu huruf-huruf yang berangkai,” kata dia.

Senada dengan Kepala SMPN 1 Kota Bogor, Sri Sugiarti. Ia pun mengungkapkan bahwa sejak pagi, sekolah belum mendapatkan token untuk masuk ke bagian soal ujian. “Server sudah siap dari pagi, hanya belum tokennya,” jelas Sri.

Namun, tidak lama berselang, ia pun mengatakan bahwa token sudah didapatkan dan pelaksanaan UNBK langsung dimulai sekitar pukul 9.30 atau telat dua jam dari jadwal seharusnya. “Alhamdulillah token baru saja sudah bisa,” ungkapnya. (ran/ysp)