Beranda Bogor Raya Geber Perbaikan RTLH

Geber Perbaikan RTLH

CARIU–RADAR BOGOR, Di usia senjanya, Mak Nanih (65) kini dapat hidup lebih layak. Nenek asal Kam­pung Cariu, RT 02/05, Desa Cariu, Kecamatan Cariu, Kabu­paten Bogor, itu kini tak takut lagi rumahnya roboh. Bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) tahun 2017 membuat rumah miliknya tak bocor lagi.

“Alhamdulillah. Ayena teu bocor deui jeng teu sien ambruk (Alhamdulilah, sekarang tidak bocor lagi dan tidak takut ambruk),” ucap Nanih saat dite­mui Radar Bogor di rumah­nya, Minggu (22/4).

Berbeda cerita sebelum men­dapatkan bantuan renovasi rumah, Mak Nanih bersama anak cucunya selalu khawatir saat hujan angin menerjang kawasan tersebut. Musababnya, atap rumah­nya sudah banyak yang bocor.

Ya, Nanih merupakan satu dari puluhan warga Kecamatan Cariu yang menerima bantuan RTLH. Pada 2017 terdapat 50 unit RTLH yang disalurkan ke warga. “Semuanya sudah dibangun,” ujar Kades Cariu, Ahmad Suryadi.

Saat ini, pemerintah Desa Cariu terus menuntaskan sejumlah permintaan warga yang masih membutuhkan bantuan renovasi rumah. Tercatat, saat ini sudah 479 unit rumah yang menda­patkan program RTLH. “Itu bantuan dari Pemerintah Kabu­paten Bogor dan Kementerian PUPR,” tuturnya.

Sedangkan untuk 2018, desa tersebut tak mendapatkan bantuan RTLH dari Pemerintah Kabupaten Bogor. “Namun, kita dapat bantu­an dari Kementerian PUPR seba­nyak 87 unit,” tukasnya.(all/c)