25 radar bogor

Ayo Jadi Pemilih Cerdas, Pendidikan Pemilih Muda untuk Pemilu Berkualitas

Suasana kegiatan pendidikan pemilih muda Electainment On Campus : Rock The Vote Indonesia, yang diselenggarakan IPB bekerjasama dengan KPU Jawa Barat dan Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI, di Aula Andi Hakim Nasution IPB, Minggu (22/4).

BOGOR – RADAR BOGOR, Ratusan mahasiswa dan pelajar yang berdomisili di Jawa Barat hadiri kegiatan pendidikan pemilih muda Electainment On Campus : Rock The Vote Indonesia, yang diselenggarakan Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan KPU Jawa Barat dan Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI, di Aula Andi Hakim Nasution IPB, Minggu (22/4). Kegiatan digelar secara menarik sehingga menggugah mahasiswa menggunakan hak pilih pada Pilgub Jabar 2018.

Direktur CEPP UI Reni Suwarso Ph.D mengatakan, gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan CEPP FISIP UI berjejaring dengan 45 PTN/PTS se Indonesia. “Kegiatan Rock The Vote Indonesia (RTVI) bertujuan untuk belajar demokrasi, politik dan pemilu,” ujarnya.

Dengan pemberian penahaman soal pendidikan politik, lanjut Reni, para generasi muda akan menyebarkan kembali informasi yang didapat ke lingkungannya. “Semakin banyak orang yang diberi informasi politik maka semakin besar efek bola salju penyebaran informasi politik tersebut,” ucapnya.

Pihaknya berharap para mahasiswa bisa aktif menggunakan hak pilih. “Jadilah pemilih yang cerdas kritis rasional dan bertanggungjawab,” katanya.

Ditempat yang sama, Mewakili KPU Jawa Barat, Nina Yuningsih mengatakan bahwa pemilih pemula atau pemuda yang notabennya merupakan mahasiswa sangat berpengaruh signifikan karena jumlahnya yang sangat banyak.

“Tidak lebih banyak dari jumlah keseluruhan pemilih umum, tapi jumlahnya sangat berpengaruh sekali. Sekitar 30 jutaan jumlah pemuda yang diantaranya pemilih pemula, itu sangat signifikan dan berpengaruh banget jumlahnya,” tegas Nina.

Sementara itu, narasumber lainnya, mewakili KPU Kabupaten Bogor, Mustaqiem lebih menegaskan kepada pemuda yang berada di wilayah Kabupaten Bogor, dimana Kabupaten Bogor sendiri merupakan kabupaten terbesar di Jawa Barat yang jumlah pemilihnya sangat berpengaruh untuk Pilgub Jabar. “Satu suara para anak muda sangat menentukan nasib rakyat kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu, ketua pelaksana, Fadhilah Yusup yang juga salah satu mahasiswa IPB mengatakan bahwa, ia lebih mengajak para anak muda untuk memberikan hak memilih mereka dengan berdasarkan semboyan Bogor, yaitu Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampereun Jaga.

“Maksudnya, yang kita dapatkan adalah warisan dari nenek moyang, sama kaya apa yang akan anak muda lakukan untuk memilih dalam pemilu itu untuk anak cucuk kita di masa yang akan datang. Jadi harus menggunakan hak memilih kita yang cerdas, tidak menjadi skeptis atau apatis, tidak golput untuk masa depan anak dan cucuk kita nanti ke depan,” tutup Fadhil. (ran/ysp)