Beranda Nasional Penyelam Perempuan Terbanyak

Penyelam Perempuan Terbanyak

Jawa Pos
TANGGUH: Para penyelam perempuan melakukan penghormatan dan pengibaran bendera merah putih di dalam laut Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo, kemarin.

Situbondo–Hari Kartini dirayakan dengan berbagai cara. Kemarin, 221 perempuan menyelam di dasar laut Pasir Putih, Situbondo, Sabtu (21/4). Tak hanya menyelam biasa, ratu­san penyelam juga mem­bentang­kan bendera di bawah laut.

Kegiatan Dive Kartini yang dimotori Lantamal dan Saka Bahari ini sekaligus memecah­kan rekor MURI sebagai penye­lam wanita terbanyak di Indonesia.

”Kami bersyukur kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Awalnya kami targetkan 214 penyelam wanita, tapi ada tambahan sampai berjumlah 221 penyelam wanita,” kata Aspotmar Kasal, Laksda Edi Sucipto, di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo.

universitas-nusa-bangsa

Untuk menjamin keamanan para penyelam, TNI AL juga mengerahkan sejumlah kapal perang, helikopter, dan perahu. Alat-alat tersebut sekaligus untuk meyakinkan dan memberi rasa aman bagi penyelam.

Para penyelam wanita yang ambil bagian dalam kegiatan Dive Kartini, berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan, sebanyak 4 penyelam dari Raja Ampat, Papua, juga ikut terlibat. Selain itu, juga ada penyelam dari ibu-ibu Jalasenastri, Kowal, Polri, Saka Bahari, Satpol PP, serta klub-klub diving dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekitar 20 menit mereka menye­lam di bawah permukaan air, hingga kedalaman 5 hingga 6 meter. Selama menyelam, para penyelam wanita juga mem­bentangkan sejumlah bendera berukuran lumayan besar sekitar 4×3 meter. Selain bendera merah putih, ada juga ben­dera Pramuka Dunia, ben­dera Pramuka Indonesia, bendera Saka Bahari, dan bendera kegiatan Dive Kartini.

Evi, salah seorang penyelam wanita Saka Bahari Jawa Timur mengungkapkan, kegiatan Dive Kartini di dasar laut Pasir Putih Situbondo ini sangat mengesan­kan. Selain leluasa karena bersamaan menyelam dengan sesama penyelam wanita, keindahan bawah laut pasir putih juga dianggapnya cukup eksotis.(dc)