Beranda Berita Utama Ajak Warga Keliling Bogor

Ajak Warga Keliling Bogor

MERIAH: Terjun payung ditampilkan dalam pe­ringa­tan Bulan Dirgantara Indonesia 2018 dan Atang Sendjaja Open Base wilayah Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR, Ada yang tidak biasa di Pangkalan Udara Atang Sendjaja (ATS), Sabtu (21/4). Sejak pagi, Lanud ATS dipadati ratusan warga sipil dari berbagai kalangan. Mereka tampak asyik melihat seluruh armada kebanggan milik Lanud ATS.

Di antara mereka bahkan ada yang kegirangan ketika diajak mengelilingi langit Bogor dengan Super Puma. Fitria (16) salah satu siswi sekolah kejuruan di Bogor itu mengata­kan, jika pengalaman terbangnya naik helikopter tak akan terlupakan. ”Asyik banget. Baru kali ini saya bisa terbang pakai heli. Selama ini cuma lihat muter-muter di langit. Tapi sekarang ngerasain sendiri,” ujarnya.

Tak hanya Fitria, Alif (8) juga mengaku senang ketika duduk di cockpit salah satu armada helikopter milik Basarnas yang dipamerkan. ”Saya mau bisa bawa helikopter ini kalau nanti sudah besar,” katanya saat menghadiri pe­ringa­tan Bulan Dirgantara Indonesia 2018 dan Atang Sendjaja Open Base wilayah Bogor.

universitas pakuan unpak
KOMPAK: Danlanud ATS Marsma TNI Irwan Is Dunggio (tengah kemeja putih biru) berfoto bersama masyarakat dari berbagai komunitas, kemarin.

”Itu semua milik rakyat. Kami pamerkan semua armada yang ada di sini. Bagaimanapun, heli-heli itu dibeli dengan uang rakyat. Jadi rakyat berhak melihat seluruh aset yang dibeli pemerintah dengan uang hasil pajak rakyat. Karena bersama rakyat, kami akan kuat,” ujar Komandan Wing 4 Lanud Atang Sanjaja Kolonel Pnb Bambang Juniar.

Aneka perlombaan seperti panahan hingga gateball pun turut dihelat. ”Pesertanya ada yang dari Singapura, Malaysia, bahkan Thailand,” kata Bambang.

Tak hanya itu, aneka acara lain seperti pameran otomotif, aksi akrobatik udara, terjun payung, paralayang, paramotor, juga diselenggarakan pada saat yang sama. Ia berharap, kegiatan Open Base yang perdana digelar di Lanud ATS ini bisa digelar setiap tahun dengan acara yang lebih menarik.

Danlanud ATS, Marsma TNI Irwan Is Dunggio mengatakan, melalui Open Base masyarakat semakin akrab dan familiar dengan TNI AU. ”Kami ingin TNI AU dan masyarakat bisa berjalan sama-sama. Kita dari rakyat, dan kita harus berbaur dengan rakyat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutan­nya mengapresiasi seluruh kegiatan Open Base 2018, termasuk Kasau Cup Gateball Open Tournament 2018.

”Semoga kegiatan ini melahirkan bibit-bibit generasi yang lebih tangguh. Kita ingin memasyarakatkan olahraga di Indonesia agar muncul bibit-bibit tangguh,” pungkasnya. (cr3/c)