Beranda Bogor Raya Situ Pemda Kumuh tak Terawat

Situ Pemda Kumuh tak Terawat

(Sofyansyah/Radar Bogor)
TIDAK TERAWAT: Kondisi Situ Pemda Cibinong memprihatinkan. Banyak sampah dibiarkan begitu saja.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Kondisi Situ Pem­­da Cibinong mempri­ha­tin­kan, kumuh tak terawat. Sam­pah tersebar di setiap si­si, se­jauh mata meman­dang. Be­lum lagi airnya yang jauh da­ri kata jernih, kotor pun hi­­tam. Meski ada larangan me­man­cing, masih saja ada war­ga yang mencoba mencolong peruntungan.

Melihat kondisi tersebut, Badan Perencanaan Pemba­ngunan Penelitian dan Pe­ngem­­ba­ngan Daerah (Bappe­dalitbang) Kabupaten Bogor berencana akan mulai rutin membersihkan Situ Pemda Cibinong dengan mengerahkan dua perahu pembersih dari corporate social responsibility (CSR) bank BJB.

”Kami nanti mau beli dua unit perahu dari dana CSR untuk mem­bersih­kannya, mudah-mudahan cukup,” urai wanita yang biasa disapa Ifah itu.

universitas-nusa-bangsa

Nantinya, ungkap Ifah, untuk pembersihan akan melibatkan relawan dari PMI.

”Hanya di­ber­sih­kan, karena kalau pen­ge­rukan itu kewenangannya di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS),” bebernya.

Untuk fungsi Situ Pemda Cibinong sendiri, menurut dia, tidak akan berubah karena be­lum ada yang mau meman­faatkannya. Berbeda dengan Situ Cikaret, ada developer yang akan membangun peru­ma­han dan sempadan Situ Cikaret bisa dimanfaatkan untuk jogging track.

”Kami titipkan sempadannya untuk dikelola,” jelasnya.

Ketidakmampuan Pemkab Bogor mengurus Situ Pemda Cibinong sehingga harus me­man­faatkan CSR bank bjb pun, sebelumnya sempat dilontarkan Kasi Perencanaan Irigasi dan Sumber Daya Air pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor Sugismanto.

”Sebetulnya Pemkab Bogor yang bertang­gung jawab. Hanya saja, ke­marin-kemarin itu tidak ada ang­garan khusus (untuk pe­rawatan, red),” ujarnya.

bozzfoods frozen foods

Dikatakan Sugismanto, se­jak awal tahun pihaknya telah be­rencana mengelola situ de­ngan menggunakan anggaran khu­sus. ”Tapi dalam waktu dekat ini, kami akan bersihkan situ yang luasnya sekitar 6 hektare tersebut. Sampahnya akan diuruk,” tukasnya. (wil/c)