25 radar bogor

Sisakan 11 Masjid Raya

Andika/radar bogor RESMIKAN MASJID: Bupati Bogor Nurhayanti saat menandatangani peresmian Masjid Besar Nurul Huda di Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, kemarin (20/4).

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR,Di akhir masa jabatan Bupati Nurhayanti, Pemerintah Kabupaten Bogor masih memiliki pekerjaan rumah. Mantan birokrat terse­but masih menyisakan 11 masjid raya dari total 40 keca­matan yang ditargetkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2013-2018 sebagai salah satu penciri visi kabupaten termaju di Indonesia. Jumat (20/4), giliran Masjid Nurul Huda diresmikan Nurhayanti.

”Kami sudah meresmikan 29 masjid besar di Kabupaten Bogor, sisanya masih pem­bangunan. Hal ini merupakan implementasi dari program yang ada di Kabupaten Bogor. Karena 98 persen dari jumlah masyarakat kita adalah muslim,” ujar Nurhayanti saat meresmi­kan Masjid Besar Nurul Huda di Desa Cipayung Girang, Keca­matan Megamendung.

Oleh karenanya, sambung Nurhayanti, pemerintah daerah juga wajib peduli terhadap bidang keagamaan. Hal itu bakal berujung pada kebijakan-kebijakan daerah yang dibuat. Salah satunya soal pembangu­nan masjid ini.

”Di mana, lembaga-lembaga, baik pendidikan maupun keaga­maan, bisa menjadi dasar untuk mendidik anak-anak kita,” beber­nya lagi di hadapan puluhan jamaah masjid dan jajaran Muspika Megamen­dung.

Nurhayanti pun berterima kasih kepada masyarakat Megamendung, khususnya warga Cipayung Girang yang turut andil dalam pembangu­nan Masjid Nurul Huda. Sejak ber­diri tahun 1940, masjid terse­but terus mengalami renovasi.

Hingga akhirnya, tempat iba­dah yang berada di pinggir jalur wisa­ta Puncak itu diper­besar.

”Ada berbagai tahapan dan aturan yang dipakai untuk mem­ba­ngun masjid. Alham­dulillah kami merintis itu sejak 2016. Dan 2019 mudah-mu­dahan bisa selesai di 40 kecamatan. Ini jadi penguat dalam pem­bangunan,” beber­nya lagi.

Namun tidak ada yang sempurna, Masjid Nurul Huda juga masih kekurangan lahan parkir. Namun hal tersebut, kata Nurhayanti, masih bisa menjadi program lanjutan di kemudian hari. Ia juga menga­ takan bahwa Pemkab bakal mengalokasikan ang­ga­ran untuk pemeliharaan masjid.

”Terpenting bahwa yang pemerintah programkan harus dijalani dengan baik. Masjid ini banyak kegunaannya untuk banyak kegiatan selain ibadah rutin. Majelis taklim, misalnya,” tukasnya.(dka/c)