25 radar bogor

Mengenang Sosok Mayor Jendral Purn H Pochman

KAYA PENGALAMAN: Aki Pochman (kanan) saat berbagi pengalaman didampingi anggota Bobats Gatut Susanta.

Kamis malam (19/4), lantunan doa dipanjatkan kerabat, sanak saudara serta tetangga pada tahlil pertama almarhum Mayor Jendral (Mayjen) Purn H Pochman di rumah duka, Pangkalan Batu RT02/04, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Tokoh Bogor yang kerap disapa Aki Pochman ini meninggal dunia karena sakit.

Laporan: Rany Puspitasari

Pria kelahiran Tasik, 15 Maret 1926 tersebut disemayamkan di TPU Pangkalan Batu RT 02/03 Kamis (19/4) siang pukul 10.00 WIB. Almarhum Aki Pochman dikenal sebagai sosok yang komitmen menjaga dan melestarikan budaya Sunda.

Hal itu disampaikan sahabat sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Shahlan Rasyidi kepada Radar Bogor. Ia menceritakan bahwa almarhum sangat konsisten dalam disiplin.

“Perjuangan dalam menegakkan kebersamaan melalui KWB. Almarhum juga sosok atau tokoh yang patut dicontoh generasi muda. Selama kenal dan dekat sejak 2000, saya banyak belajar dari beliau,” bebernya.

Saat ini, hanya doa yang bisa ia berikan kepada almarhum.

Semoga almarhum di alam kubur tenang dan diampuni segala dosa-dosanya, ditempatkan di tempat yang layak dan khusnul khotimah,” doa Shahlan.

Senada, salah satu budayawan, Ace Sumanta pun menceritakan bahwa Aki Pochman adalah sosok yang tegas namun mengayomi. Ia sangat militan dalam ide dan gagasan untuk kembali pada Sunda yang hakiki.

“Artinya ngajati diri orang Sunda. Urang Bogor ulah elehan, maksudnya jangan suka rendah diri, namun harus punya harga diri. Ucapan itu yang sering ia sampaikan pada saya dan teman yang lain jika bertemu di rumahnya maupun dalam suatu acara,” ungkap Ace.

Katanya, almarhum sangat rajin hadir selagi sehat kalau diundang kegiatan seni budaya dan silaturahmi.

Pernah di suatu waktu, lanjutnya, masih ada Ma Ageng (Tien Rostini Asikin, red) penekanan pada ngamumule budaya Sunda yang sudah mulai pudar. “Semoga wafat dalam khusnul khotimah juga diterima iman Islamnya. Amin,” tutup Ace.(*/c)