Beranda Bogor Raya Kantor Baru dengan Berbagai Inovasi

Kantor Baru dengan Berbagai Inovasi

KANTOR BARU: Peresmian kantor baru Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah/ Samsat wilayah Kabupaten Bogor, kemarin.

CIBINONG–RADAR BOGOR,Kantor baru Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah/Samsat wilayah Kabu­paten Bogor resmi beroperasi, kemarin (19/4).

Bangunan yang berada tak jauh dari kantor Dinas Perhu­bungan (Dishub) ini dibangun untuk meningkatkan penda­patan asli daerah (PAD) dan mem­berikan kemudahan laya­nan bagi masyarakat.

Inovasi juga dihadirkan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor dan BBN. Yakni, Sambara (Samsat Mobile Jawa Barat), Samping Katepel (Samsat Taping KTP Elektronik), SMS Info 8787, dan loket pembayaran nontunai.

universitas pakuan unpak

Kepala Bapenda Jabar Dadang Suharto menjelaskan, pe­ning­katan sarana dan prasara­na pe­layanan kepada masyara­kat telah dilaksanakan secara ber­tahap sejak 2014.

Hingga saat ini, Bapenda Jabar telah me­miliki 34 kantor Samsat yang tersebar di 27 kabupaten dan kota.

Kantor Samsat wilayah Kabu­paten Bogor dibangun dua ta­hap, yakni pada 2016 dan 2017, dengan luas tanah 5.000 meter persegi dan luas ba­ngunan 3.600 meter persegi. De­ngan potensi kendaraan sebanyak 1,4 juta unit, caku­pan layanan 40 kecamatan dengan jumlah wajib pajak yang mem­bayar per hari rata-rata tiga ribu orang.

“Keseluruhan pembangu­­nan bersumber dari APBD Ja­bar. Saya harap seluruh pembangu­nan ini memberikan opti­ma­lisasi pelayanan yang repre­sen­ta­tif kepada masyarakat,” jelas Dadang
Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung Samsat/Pusat Penge­lolaan Pendapatan Dae­rah wi­layah Kabupaten Bogor yang baru.

“Saya mendukung pelaya­nan pajak kendaraan bermo­tor melalui E-samsat dan T-sam­sat untuk memberikan kemu­da­han para wajib pa­jak di wi­la­yah Kabupaten Bogor,” tuturn­ya. (wil/c)