Beranda Bogor Raya Bekali Siswa Keterampilan Mekanik

Bekali Siswa Keterampilan Mekanik

BERBAGI ILMU: Siswa SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi, Kabupaten Bogor, mendapat pelatihan dari Mitsubishi.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Dunia industri terus bersinergi dengan sekolah. Kemarin (19/4), para siswa SMK Muhammadiyah 2 Cileungsi, Kabupaten Bogor, mendapat pelatihan tentang industri otomotif langsung dari ahlinya, yakni produsen mobil Mitsubishi, melalui program Mitsubishi Peduli Sekolah.

Instruktur Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Wawan Gunawan mengatakan, kegiatan ini dimulai dengan pengenalan teknologi modern yang mulai dintegrasikan ke mobil. Misalnya, keberadaan electronic control unit (ECU) yang berfungsi sebagai sirkuit elektronik utama (komputer) pada mobil.

“Jadi, Mitsubishi memfasilitasi perlengkapan seperti engine, tools dan satu unit mobil kepada sekolah untuk dijadikan alat praktik mereka di sekolah. Dan kita juga memberikan petunjuk cara penggunaan peralatan yang ada,” ujarnya.

Wawan mengatakan, program tersebut merupakan pengenalan sekaligus memberikan bantuan kepada sekolah untuk melakukan praktik. Sebanyak 20 sekolah jurusan otomotif se-Indonesia menjadi penerima program bantuan ini. “Pihak Mitsubishi juga menjadi guru tamu dan memberikan training. Jadi ketika diberikan bantuan perlengkapan tersebut bisa terpakai,” jelasnya.

Ia berharap ke depannya Mitsubishi bisa lebih meningkatkan program tersebut ke seluruh sekolah otomotif di Indonesia. Menurutnya, masyarakat Indonesia sangat konsumtif dengan kendaraan bermotor, terlihat pada setiap halaman rumah saat ini didominasi kendaraan yang terparkir.

“Ketika melihat kondisi konsumtif masyarakat Indonesia, ini kan menjadi peluang bagi murid-murid otomotif yang terlatih dalam berwirausaha ke depannya,” pungkasnya.(cr2/c)