Beranda Pendidikan SDIT Insantama Belajar Jadi Jurnalis

SDIT Insantama Belajar Jadi Jurnalis

SERIUS: Pelajar SDIT mendengarkan pemaparan materi tentang jurnalistik dari Redpel Radar Bogor Eka Rahmawati, kemarin (18/4)

BOGOR-RADAR BOGOR,Puluhan pelajar SDIT Insantama Leuwiliang belajar jurnalistik di Graha Pena Radar Bogor, kemarin (18/4). Murid-murid kelas 4 yang tergabung dalam klub jurnalistik tersebut, mendapat materi mengenai jurnalistik dari Redaktur Pelaksana Radar Bogor Eka Rahmawati.

Mereka juga dipaparkan tahapan-tahapan dalam membuat berita. Mulai dari mencari berita, wawancara, menulis berita, editing hingga akhirnya bisa terbit.

”Kami ingin mengenalkan murid-murid ini bagaimana menulis berita. Karena kan tiap kelas itu beda-beda ya minatnya, ada yang olahraga juga dan yang lainnya,” kata Handi Nurfirman, pendamping Klub Jurnalis SDIT Insantama Leuwiliang saat kunjungan ke Radar Bogor, kemarin (18/4)

Di SDIT Insantama sendiri, kata dia, terdapat klub jurnalis dan kebanyakan yang berminat adalah murid kelas 4. Lebih lanjut Handi menuturkan, kegiatan tersebut merupakan program pemerintah untuk meningkatkan literasi membaca di kalangan sekolah. Dengan adanya kegiatan klub jurnalis, murid-murid diharapkan bisa mengasah minat dan bakatnya dalam menulis.

Hasilnya, kemudian bisa diletakkan di mading dan dibaca oleh murid-murid dari kelas lainnya.

Sementara itu, kunjungan tersebut menjadi yang pertama dilakukan SDIT Insantama Leuwiliang. Setelah mendapatkan pemaparan, mereka juga diajak melihat proses pembuatan berita di ruang redaksi.

Murid SD tersebut sangat antusias mengikuti kunjungan redaksi yang membahas mengenai jurnalistik. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh murid kelas IV mulai kegiatan jurnalistik hingga tentang Radar Bogor.(ran/pkl1/c)