25 radar bogor

Rumah Relawan Bima-Dedie Bertambah

SUKARELA: Calon wakil wali kota Bogor Dedie A Rachim berkampanye di salah satu lokasi Imah Balabadra belum lama ini. Imah Baladadra merupakan sebutan untuk barisan pendukung Bima Arya-Dedie (Badra) yang kini tersebar di 200 titik Kota Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR,Gerakan politik sukarela ternyata bukan isapan jempol semata. Menyambut helatan Pilkada Kota Bogor yang menyisakan dua bulan lagi, warga Bogor yang tergabung dalam tim sukarela pemenangan pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota Bogor, Bima Arya-Dedie Rachim, mengaktifkan jejaring Imah Balabadra. Seperti apa Imah Balabadra ini?

Jika pada umumnya posko relawan hanya didirikan di tingkat kota, lain halnya dengan Imah Balabadra. Sebutan untuk rumah barisan pendukung Bima Arya-Dedie Rachim itu, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 200 titik di tingkat RW.

”Angka itu dinamis dan terus bertambah,” ungkap Panglima Balabadra Fajari Arya kemarin (18/4).

Fajari menjelaskan, Imah Balabadra difungsikan sebagai rumah tempat berkumpulnya para relawan hingga tempat pe­nyebaran informasi. Tentunya yang berkaitan dengan program-program yang akan direalisasikan Bima-Dedie lima tahun ke depan.

Sesuai dengan namanya, kata Fajari, Imah Balabadra memanfaatkan rumah warga demi menyerap aspirasi di akar rumput. ”Tak sekadar posko formal, sampai saat ini sudah tersebar lebih dari 200-an Imah Balabadra di tingkat RW seluruh Kota Bogor.

Kami tidak menarget harus berapa, tapi sejauh ini jumlahnya terus bertambah,” bebernya.

Ia menambahkan, pendirian Imah Balabadra ini merupakan inisiatif dari bawah ke atas (bottom up), sebagai wujud partisipasi warga. ”Bagi warga yang ingin rumahnya dijadikan Imah Balabadra, syaratnya cukup tulus semata-mata untuk Kota Bogor,” tambahnya.

Salah satunya Imah Balabadra terletak di Sindangrasa, Bogor Timur. Rumah milik Ela ini di-branding oleh tim Balabadra.

”Tanpa imbalan apa pun, saya tulus mendukung Bima-Dedie. Terlebih, empat tahun terakhir kinerja Bima Arya sudah terasa dan ada perubahan. Sehingga saya mendukung dengan tulus untuk periode selanjutnya agar apa yang belum selesai bisa dituntaskan,” pungkasnya.(gal/c)