Beranda Olahraga Mengintip Kekuatan Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Anniversary Cup

Mengintip Kekuatan Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Anniversary Cup

SERIUS: Para pemain Timnas u-23 ketika mengikuti latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos.

BOGOR-RADAR BOGOR, Timnas Indonesia U-23 bakal mengikuti turnamen bertajuk PSSI Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, pada 27 April- 3 Mei mendatang. Ajang ini menjadi momentum untuk Garuda Muda mengukur kekuatan jelang berlaga di Asian Games 2018.

Turnamen tersebut digelar PSSI sebagai bentuk perayaan ulang tahun induk sepak bola tertinggi Indonesia yang ke-88 yang jatuh pada Kamis (19/4/2018). Demi perayaan yang mewah dan bergengsi, lawan yang dipilih PSSI untuk Timnas Indonesia U-23 pun tidak main-main.

Pasukan Luis Milla mendapatkan kesempatan untuk menjajal kekuatan Uzbekistan, Bahrain, dan Korea Utara. Ketiga calon lawan Indonesia dikenal sebagai negara-negara yang tangguh.

universitas-nusa-bangsa

Uzbekistan contohnya, yang baru saja meraih gelar juara di Piala AFC U-23 yang berlangsung di China pada 9 – 27 January 2018. Gelar tersebut menjadi prestasi bergengsi pertama yang diraih Uzbekistan U-23 dalam rentang 24 tahun terakhir.

Tim berjuluk Serigala Putih itu terakhir kali meraih prestasi bergengsi ketika menjadi juara sekaligus merengkuh medali emas Asian Games 1994. Bisa dipastikan, Uzbekistan menjadi salah satu lawan terberat yang akan dihadapi oleh Evan Dimas dan kawan-kawan.

Selain itu, Korea Utara juga bukan lawan yang mudah buat Indonesia U-23. Mereka merupakan peraih medali perak pada Asian Games 2014.

Selain itu, Timnas Korea Utara U-23 sebelumnya berhasil menjadi juara di East Asian Games alias turnamen olahraga antarnegara Asia Timur pada 2013. Catatan prestasi apik Korea Utara U-23 patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia.

Adapun Bahran U-23 juga tak boleh dipandang sebelah mata pada perhelatan PSSI Anniversary Cup nanti. Tim asuhan Anthony Hudson itu memang tak mencatatkan prestasi prestisiun dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satu yang bergengsi adalah ketika menjadi juara di GCC U-23 Championship alias turnamen sepak bola antarnegara Teluk Arab pada edisi 2013.

Mampukah Timnas Indonesia U-23 menjadi juara Anniversary Cup 2018 sekaligus mempersembahkan kado ulang tahun terindah untuk PSSI? Menarik untuk dinantikan. (ysp)