Beranda Pendidikan Madania Ajak Siswa Hargai Karya Seni

Madania Ajak Siswa Hargai Karya Seni

PAMERAN LUKISAN: Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah (kanan) sedang memperhatikan karya lukisan didampingi Kepala School Director Muhamad Wahyuni Nafis, Selasa (17/4)

PARUNG-RADAR BOGOR,Sekolah Madania kembali menunjukkan kiprah­nya sebagai lembaga pendidikan yang sangat konsen terhadap seni dan budaya. Kali ini, Madania bekerja sama dengan Museum Basoeki Abdullah mengadakan Madania Art Exhibition

Tribute to Basoeki Abdullah. Kegiatan yang ber­lang­sung selama tiga hari terse­but, memamerkan enam lukisan karya milik pelukis maestro Basoeki Abdullah dan sejumlah karya milik siswa dan guru di Sekolah Madania.

”Sekolah Madania tak hanya mengapresiasi kemampuan murid-murid di bidang akade­­mik saja, melainkan di bidang lainnya, terutama olah­raga dan seni. Kali ini Madania mencoba mengapresiasi karya seni melalui event bertemakan Tribute to Basoeki Abdullah, Eksplorasi Naturalisme Indo­nesia,” kata School Director Muhamad Wahyuni Nafis.

universitas-nusa-bangsa

Menurutnya, art exhibition bidang lukis ini sesungguhnya adalah life exhibition. Sebab, kata Aristoteles, hakikat seni adalah pengungkapan kenya­taan hidup. ”Ia meniru alam,” katanya.

Lanjut kata dia, kiprah Basoeki Abdullah dalam dunia lukis di Indonesia dan dunia yang tidak perlu diragukan lagi. ”Kita ingin menghargai sosok maestro Indo­nesia yang sangat dipan­dang kiprahnya di mata dunia,” ucapnya.

Sementara itu, Public Relation Madania Tantya Wulandari menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung sejak Selasa (17-19/4). Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan acara Madania Art Exhibition yang dihadiri School Director Seko­lah Madania, Muhamad Wah­yuni Nafis dan Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah.

”Selama tiga hari kami melaksanakan pameran karya lukisan. Di hari pertama kami menyelenggarakan workshop seni untuk tingkat SD dan juga lomba lukis untuk tingkat SMA se-Jabodetabek,” ujarnya.

Sedangkan di hari kedua, Madania akan melakukan art touring yang akan diikuti seluruh siswa Sekolah Madania. ”Di hari terakhir, kami juga akan menga­dakan penyuluhan yang dipapar­kan langsung dari Museum Basoeki Abdullah,” ujar dia.

Selain itu, ada sekitar 80 karya lukisan yang dipamerkan di Madania akan dilelang un­tuk umum. ”Hasilnya kami buat­kan bakti sosial dengan mem­berikan sejumlah pera­latan alat lukis ke sekolah yang berada di sekitar Ma­­­dania, ini bentuk apresiasi kami dalam meng­hargai seni rupa,” tukasnya.(ded)