Beranda Bogor Raya Barat Utara Jalan Cipanganten Diperbaiki

Jalan Cipanganten Diperbaiki

Fikri Habibullah/Radar Bogor
DIPERBAIKI: Jalan Raya Cipanganten diperbaiki Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Sukajaya beserta masyarakat, Minggu (15/4) pekan lalu.

SUKAJAYA–RADAR BOGOR,Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Suka­jaya bersama warga mem­ba­ngun Jalan Raya Cipangan­ten yang merupakan jalur peng­hubung utama dengan Keca­matan Cigudeg, Minggu (15/4) pekan lalu. Pemba­ngunan jalan sepanjang 350 meter itu menggunakan dana swa­daya dari 11 desa dan bantuan sejumlah pengusaha di Ke­camatan Sukajaya.

Ketua Paguyuban Kepala De­sa Kecamatan Sukajaya Eko Sukatma mengata­kan, sebelum dilakukan perbaikan, pihaknya bersama warga ter­lebih dahulu mengadakan rapat koordinasi, termasuk dengan para pe­ngusaha di wilayah tersebut.

”Warga pun begitu antusias memberikan bantuan tenaga untuk perbaikan jalan serta bersama-sama dengan para kepala desa turun ke lapa­ngan untuk melakukan perbai­kan jalan di tanjakan Cipanganten wilayah Desa Sukaraksa, Ke­camatan Cigudeg,” ujarnya ke­pada Radar Bogor.

universitas-nusa-bangsa

Eko menjelaskan, ba­han material seperti pasir, batu, split, semen, dan beskos di­gu­nakan untuk membangun jalan. Ada dua titik jalur yang diper­baiki secara swadaya dengan sistem betonisasi ter­sebut. Pertama, depan kantor Desa Sukaraksa serta tanja­kan kampung juga jem­batan yang terlihat sudah ru­sak parah serta sulit dilintasi apabila dilewati oleh ken­daraan ro­da dua dan empat.

”Total panjang jalan yang akan dibetonisasi 350 me­­ter dengan ketebalan 20 senti­meter. Landasannya meng­gu­na­kan besi wermes ser­ta lebar lima meter. Akan di­lakukan dua kali pe­ngeco­­ran,” katanya.

Sementara itu, tokoh masya­rakat Sukajaya Ruswandi me­­ngaku sangat menga­pre­siasi pekerjaan tersebut. Hal ini merupakan bentuk ke­pedulian para kepala desa dan warga.

”Selama ini, banyak ke­ce­lakaan tunggal yang me­nim­pa warga saat melin­tas di jalur tersebut. Terlebih ka­lau sudah musim hujan, jalan tanjakan Cipanganten ini li­cin dan terjal dan sulit dilalui kendaraan,” sebutnya.(cr3/b)