Beranda Bogor Raya CCM Diamuk ”si Jago Merah”

CCM Diamuk ”si Jago Merah”

SIGAP: Simulasi evakuasi korban kebakaran yang berlangsung di Cibinong City Mall, kemarin

CIBINONG–RADAR BOGOR,Kebakaran bi­sa terjadi di mana saja. Mulai da­ri kampung padat penduduk, perumahan, perkantoran hing­ga pusat perbelanjaan sekali­pun.

Tak terkecuali gedung-gedung bertingkat yang memi­liki kesulitan tersendiri, khu­sus­nya saat evakuasi warga.

Tak ingin kecolongan jika ter­jadi kebakaran di gedung-gedung bertingkat, Dinas Pe­madam Kebakaran (Dam­kar) Kabupaten Bogor me­nga­da­­­kan latihan evakuasi di Cibi­nong City Mall (CCM), kemarin (18/4).

universitas-nusa-bangsa

Sekretaris Dinas Damkar Ka­bupaten Bogor Ma’mur me­nu­turkan, setiap personel di­­­­­la­tih untuk bisa melakukan evakuasi di gedung tinggi de­ngan sasaran publik area. Si­mu­lasi dimulai dengan ber­bu­nyinya general alarm keba­karan di seluruh titik CCM.

Kemudian, seluruh karyawan segera melakukan proses eva­kuasi melalui tangga daru­rat yang ada di area mal menuju lokasi aman.

”Simulasi dilakukan oleh Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor berkolabo­ra­si dengan petugas dan karya­wan CCM,” ungkap Ma’mur.

Dia melanjutkan, titik keba­karan pertama terjadi di area basement yang dapat diantisi­pasi Tim Damkar dengan me­manfaatkan alat-alat antisipa­si kebakaran seperti hidrant, breathing aparatus, atau evac plus chair.

Lalu, masih kata Ma’mur, titik kebakaran kedua, berada di area lantai satu. Simulasi tam­pak nyata karena ada­nya asap yang membumbung ting­gi di lantai atas CCM.

”Dua unit mobil pemadam keba­ka­ran dikerahkan untuk men­jinakkan kebakaran tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, General Ser­vice Manager CCM Hendro Setio mengungkapkan, simu­lasi yang dilakukan secara ber­kala setiap satu tahun seka­li ini dilaksanakan sebagai sa­lah satu bentuk nyata ke­pe­dulian manajemen CCM atas kenyamanan pengunjung yang berbelanja di CCM.”Ini adalah yang pertama kalinya dilakukan dengan meng­gunakan sistem climbing dan asap. Berbeda dengan simulasi yang dilakukan ta­hun-tahun sebelum­nya. Kegia­tan ini melibatkan karya­wan CCM dan tenant sebanyak 25 orang dibantu 30 orang dari Damkar,” singkatnya.(wil/c)