Beranda Metropolis Baru 24 Cagar Budaya Diakui Kemenpar

Baru 24 Cagar Budaya Diakui Kemenpar

BERSEJARAH: Museum dan Monumen PETA merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang terdapat di Kota Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR,Dinas Pariwisata dan Kebuda­yaan (Disparbud) Kota Bogor menyebut bahwa baru 24 bangunan cagar budaya di Kota Bogor, yang mendapatkan surat keputusan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Jawa Barat. Jumlah itu cende­rung berkurang. Tercatat, ada 485 bangu­nan cagar budaya yang diinven­tarisasi Disparbud.

“Jumlah bangunan cagar budaya yang ada di Kota Bogor ini setiap tahun tidak bertambah, tetapi cenderung berkurang,” ujar Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, Rabu (18/4).

Mengenai cagar budaya yang sudah terinventarisasi, Pemkot Bogor melalui Disparbud selalu berupaya merawat dengan menunjuk juru pelihara untuk menjaga, melindungi serta merawat situs dan cagar budaya yang ada, agar tidak tergerus zaman dan pembangunan.

universitas-nusa-bangsa

Kota Bogor dengan sejarah panjangnya, mulai dari zaman kolonial hingga masa penjajahan Belanda, memiliki banyak bangunan cagar budaya.

Di antaranya bangunan pemerintahan peninggalan kolonial Belanda yang usianya mencapai ratusan tahun, seperti bangunan penelitian, museum, kehutanan yang mayoritas berada di seputaran Kebun Raya Bogor. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini (ran/b)