25 radar bogor

Pemeran Letjen Soeharto di Film G30S/PKI Meninggal Dunia

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dunia perfilman Indonesia berduka. Aktor pemeran Letjen Soeharto pada film Penghianatan G30S/PKI Amoroso Katamsi, meninggal dunia di Jakarta, Selasa (17/4/2018) dini hari. Amoroso meninggal dunia pukul 1.40 WIB. Jenazah Amoroso Katamsi kini disemayamkan di rumah duka di kawasan Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Kabar meninggalnya Amoroso Katamsi disampaikan novelis Rayni N.Masardi melalui akun Facebook-nya, Selasa (17/4/2018) pagi. Beberapa hari sebelumnya, di akun jejaring sosial juga Rayni sempat mengabarkan Amoroso sakit dan dirawat di RS AL Mintoharjo, Jakarta karena menderita komplikasi penyakit.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Bapak/Eyang kami tercinta Bp Amoroso Katamsi telah berpulang ke Rahmatullah pada hari Selasa 17 April 2018 pk 01.40…,” begitu istri penulis dan mantan wartawan Noorca Massardi menulis berita duka ini.

Amoroso Katamsi di era tahun 1980-an dikenal lewat film Pengkhianatan G 30 S/PKI atau Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI. Amoroso Katamsi berperan dengan Letjend Soeharto, Pangkostrad di era akhir tahun 1960-an.

Lewat film garapan mendiang sutradara Arifin C.Noer itulah, aktor kelahiran 21 Oktober 1940 itu melekat dengan sosok Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, sampai sekarang.

Amoroso Katamsi telah membintangi sejumlah film dan sinetron setelah film legendaris itu. Ayahanda penyanyi sopran Aning Katamsi dan juga Doddy Katamsi, vokalis band Elpamas. ini pernah bermain dalam film Cinta Suci Zahrana.

Pensiunan perwira Angkatan Laut ini juga bermain dalam sinetron Orang-Orang Kampung Duku yang ditayangkan SCTV. Keduanya produksi Sinemart Production. (ysp)