Beranda Bogor Raya Tiga Cakades Lolos

Tiga Cakades Lolos

DITES:Tim seleksi saat melakukan tes kemampuan umum balon kepala Desa Wates Jaya, Kamis (12/4) lalu.

CIGOMBONG–RADAR BOGOR,Setelah mele­wati berbagai tes, dari delapan calon kepala desa (cakades) Wates Jaya, Kecamatan Cigom­bong, terpilih tiga calon kepala ­desa. Tahap selanjutnya, tinggal me­nunggu musyawarah mufakat dalam rangka pemili­han calon kepala desa oleh tokoh masya­rakat lainnya.

Ketua Tim Seleksi Kemampuan Pengetahuan Umum Balon Kepala Desa Wates Jaya, Fikri Ikhsani menjelaskan, para caka­des sudah mengikuti tes seleksi kemam­puan pengeta­huan umum beberapa hari yang lalu.

“Tes tersebut meliputi penge­ta­huan Pancasila dan UUD 1945, pemerintahan dan pem­bangunan dan juga bahasa Indo­nesia. Dari awal delapan balon kades ikuti tes kesehatan jadi berkurang tujuh balon, dari tujuh itu mengikuti tes penge­tahuan dan diseleksi lagi men­jadi tiga balon kades,” beber Fikri pada Radar Bogor.

Tiga cakades yang lulus dalam tes pengetahuan tersebut adalah Rudi Irawan dengan jumlah poin 590, Hendra Gunawan dengan poin 480, dan Cecep Saepudin dengan poin 340. Dari ketiga calon tersebut, Hendra Gunawan yang memiliki poin tertinggi dalam pengala­mannya bekerja di lembaga pemerintahan dan lembaga kemasyarakatan desa. Tak hanya itu, tingkat pendidikan dan usia juga menjadi faktor dirinya mendapat nilai 350 pada salah satu penilaian tersebut.

Fikri menegaskan, penyisihan sudah dilakukan secara terbuka, transparan, jujur dan seadil mungkin. Ia mengungkapkan ada perbedaan pada penetapan soal dengan cara kocok dan pemeriksaannya crossing atau silang oleh peserta lainnya.

“Tes juga disaksikan langsung oleh unsur muspika juga para saksi dari masing–masing caka­d­ses. Sementara, waktu tes kese­hatan kami lakukan di RSUD Ciawi beberapa minggu lalu,” ungkapnya lagi.

Fikri menerangkan, musya­warah mufakat untuk pemilihan cakades bakal dilangsungkan 22 April. ”Kami mohon duku­ngannya agar proses selanjutnya bisa berjalan aman dan lancar,” harap dia.(dka/c)