Beranda Bogor Raya Jembatan Sementara Mulai Dibangun

Jembatan Sementara Mulai Dibangun

MULAI DIKERJAKAN: Rangka baja jembatan sudah tiba di lokasi jembatan ambruk di Kampung Arca RT 04/07, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, kemarin (15/4).

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR,Pemerintah Kabupaten Bogor mulai membangun jembatan sementara, pasca ambruknya Jembatan Arca, di Kampung Arca RT 04/07, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabu­paten Bogor, beberapa waktu lalu. Pemba­ngunan jembatan sementara penghubung Sukamakmur-Cianjur, itu dimulai kemarin (15/4).

Petugas pemeliharaan jalan dan jembatan UPT Jalan dan Jembatan Jonggol, Agus Supriatna mengatakan, pembangu­­nan jembatan sementara ini memakan waktu paling cepat dua minggu.

“Hari ini (kemarin, red) alat dan bahan baru tiba. Rencananya, panjang jem­batan sementara mencapai 20 meter dengan lebar lima meter,” katanya saat ditemui Radar Bogor di lokasi jembatan ambruk. Dengan jembatan tersebut, kata dia, tentu saja akan mempermudah akses warga. Terlebih jika Jalur Puncak kembali ditutup.

universitas-nusa-bangsa

Menurutnya, warga sebelumnya sudah berinisiatif untuk membangun jembatan darurat, meski hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja.
“Kini kita fasilitasi pengendara yang ingin melalui akses tersebut,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, tak ada kendala dalam pengerjaan jembatan sementara. Namun, faktor cuaca dan akses jalan cukup meng­hambat pengerjaan.

“Cuaca yang tidak bisa diprediksi. Siang panas, sore hujan deras. Juga akses jalannya. Karena untuk meng­angkut material hanya bisa dilakukan dengan kendaraan kecil,” ucapnya.

Pantauan Radar Bogor, sejumlah pekerja sudah mulai disibukkan di lokasi pengerjaan jembatan. Begitu juga dengan rangka baja jembatan yang sudah berada di tepi jembatan ambles.(all/c)