Beranda Bogor Raya Ibu-ibu Diajari Jinakkan Api

Ibu-ibu Diajari Jinakkan Api

Andika/Radar Bogor
HARUS BERANI: Seorang ibu berhasil memadamkan api dengan karung basah sesuai arahan petugas Damkar, kemarin.

MEGAMENDUNG–RADAR BOGOR,Keba­karan bisa diantisipasi jika api kecil bisa dijinakkan. Bahkan oleh ibu-ibu rumah tangga. Hal itu yang dilakukan tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kecamatan Ciawi saat sosialisasi di lingkungan RW 03, Desa Gadog, Kecamatan Megamen­dung, kemarin (15/4) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, ibu-ibu rumah tangga jadi perhatian khusus agar mampu me­ngantisipasi terjadinya keba­karan. Mereka pun diajak melaku­kan simulasi bagaimana cara memadamkan api. Meski takut-takut, ibu-ibu antusias me­ngikuti arahan petugas Damkar saat diminta mencoba menjinakkan api.

Menurut Ketua RW 03 Desa Gadod Yunus Iskandar, sosia­lisasi sekaligus pelatihan me­ngan­tisipasi kebakaran tersebut sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, terkadang sumber api datang dari dalam rumah sendiri. ”Apalagi kan kaum ibu yang setiap hari berhubungan dengan api saat memasak di dapur,” ungkapnya.

universitas pakuan unpak

Ketua RT 03 Syamsul Hadi menambahkan, kegiatan yang dilangsungkan pukul 09.00 pagi ini diharapkan mampu men­dorong masyarakat untuk lebih waspada. Tak hanya itu, masya­rakat juga bisa lebih paham mengatasi kebakaran.

”Dengan sosialisasi ini diha­rap­kan warga mampu men­jadi masyarakat yang responsif, terutama dalam menangani ke­baka­ran. Seperti yang diketa­hui juga bahwa kebakaran terjadi juga akibat kelalaian, untuk itu sangat penting kita mewas­padai­nya,” tambahnya.(dka/c)