Beranda Bogor Raya Warga Pilih Tinggal Dekat Kandang Ternak

Warga Pilih Tinggal Dekat Kandang Ternak

Foto: Wulan/Radar Bogor
TIDAK SEHAT: Banyak rumah berdampingan dengan kandang ternak di Kecamatan Tanjungsari, kemarin (12/3).

TANJUNGSARI–RADAR BOGOR,Permukiman warga yang ber­de­ka­tan dengan kandang hewan ternak masih menjadi pemandangan lumrah di Kecamatan Tanjungsari. Padahal, ada aturan jarak antara tempat permukiman dan kandang ternak.

“Iya, di sini warga masih tinggal berdampingan de­ngan ternak. Dibilang tidak sehat, ya, betul. Tapi mau gimana lagi, daripada hilang,” ujar Asih (34) warga Kampung Sinjay, Desa Tanjungsari, kepada Radar Bogor, kemarin.

Meski demikian, dirinya terkadang khawatir de­ngan kondisi kesehatan anaknya jika ling­ku­nga­n­nya seperti ini. “Takut sih ada, tapi Insyaallah diberikan kesehatan,” tuturnya.

Camat Tanjungsari Kosasih pun tak menampik jika warganya masih kurang pemahaman akan kese­ha­tan. Tak jarang, ia memerintahkan petugas ke­se­ha­tan untuk memberikan sosialisasi atau terkadang dinas terkait memeriksa kesehatan hewan ternak milik warga.

“Iya, rumah tidak sehat itu masih menjadi pe­kerj­aan pemerintah kecamatan dan Puskesmas Tanjungsari. Kami terus mencoba mengedukasi warga agar rumah tidak berdam­pingan dengan kandang ternak,” tukasnya.(all/b)