Beranda Bogor Raya Barat Utara 103 Praja Mengabdi di Rumpin

103 Praja Mengabdi di Rumpin

MENGABDI: Camat Rumpin Zulkifli melakukan inspeksi terhadap praja utama IPDN dalam apel.

RUMPIN–RADAR BOGOR,Institut Pe­me­rintahan Dalam Negeri (IPDN) melepas 103 praja uta­ma ang­katan XXV yang siap mengab­di di lima desa di Kecama­tan Rumpin. Kehadiran mere­ka diharapkan mampu mem­berikan penyegaran dan pe­ngetahuan pada masyara­kat, terutama dalam peningka­tan pelayanan administrasi desa.

Kepala Satuan Latihan Keca­matan (Kasatlatcam) U. Rian Aditia menjelaskan, para praja utama tersebut telah dibekali pengetahuan di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

”Mereka akan mengabdi­kan ilmunya selama 30 hari untuk direalisasikan langsung di lingkup desa. Mereka sudah dididik. Jadi inilah kesempa­tan untuk mengabdikan lang­sung ilmu yang telah dimiliki,” ujarnya kepada Radar Bogor, Selasa (10/4).

Pria yang akrab disapa Rian itu juga menegaskan, praja-praja yang akan dilepas juga memiliki tanggung jawab untuk membantu kerapian sis­tem administrasi pemerin­tah desa.

”Selain administrasi, mereka juga punya tanggung jawab untuk berkontribusi langsung ke masyarakat. Misalnya sosialisasi ke berba­gai sekolah di tingkat pertama maupun tingkat atas. Juga punya peran untuk berbagi dan memberikan motivasi kepada warga Rumpin. Intinya, pengabdian,” sebutnya.

Di kesempatan yang sama, Camat Rumpin Zulkifli menu­turkan, pelaksanaan Bakti Karya Praja ini juga dilaksana­kan di 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor, di mana Kecamatan Rumpin menjadi salah satunya. Pihaknya juga sudah memaksimalkan pene­rimaan yang baik, termasuk mengawasi berbagai kegiatan penyelenggaraan Bakti Karya Praja tersebut.

”Di samping pengabdian, kegiatan ini memang men­jadi salah satu syarat kelulu­san mereka. Jika telah lulus m­e­ngab­di nanti, mereka akan dilantik Presiden Joko Widodo. Saya berharap mo­men­­tum ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” ucapnya. (cr3/b)