25 radar bogor

Canangkan RW Layak Anak

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Pemerintah Kota Depok tidak mau setengah hati mewujudkan kota layak anak (KLA). Itu dibuktikan dengan dicanangkannya RW layak anak, di Balai Warga RW 06, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, kemarin (9/4).

Lurah Harjamukti Lamin menuturkan, pendeklarasian tersebut merupakan tahapan awal menuju Kota Depok layak anak. Melalui ini, pihaknya beserta RW maupun RT berkomitmen untuk bersinergi demi memberikan hak sipil kepada anak.

”Kelurahan Harjamukti yang pertama berkomitmen untuk RW layak anak. Ketika seluruhnya sudah terbentuk, nanti kita baru bikin gugus tugas kelurahan layak anak,” ujarnya.

Lamin menjelaskan, ada enam RW yang sudah di-launching menjadi RW layak anak. Di antaranya RW 2, 6, 7 ,8, 9 dan 10. Dari 16 RW di Harjamukti, sambung dia, memang hanya beberapa yang baru bisa dibentuk menjadi RW layak anak.

”Nantinya kami fokus 2018 ini seluruh RW bisa bersinergi kaitannya dengan RW layak anak ini,” jelas Lamin.

Untuk mencapai RW layak anak, kata dia, beberapa program menjadi prioritas. Di antaranya memfasilitasi keluhan warga tekait masalah pendidikan maupun kesehatan. Masalah ketahanan keluarga maupun perlindungan bagi anak juga turut diprioritaskan.

”Kami menargetkan seluruh wilayah tidak ada yang putus sekolah dengan program wajib belajar 9 tahun,” urainya.

Lamin mengatakan, akan ada banyak sosialisasi kaitannnya dengan RW layakan anak. Pihaknya juga turut mengampanyekan kepada masyarakat untuk bisa fokus pada pendidikan serta kesehatan anak.

”Mau itu anak siapa pun, kita harus menjaga. Karena anakmu adalah anak kami juga,” tuturnya. (cr2/c)