logo-radar-bogor

Genjot Sosialisasi Aplikasi Perkembangan Anak

SOSIALISASI: Kepala Paud se-Gunungputri mengikuti sosialisasi aplikasi laporan perkem­bangan anak Paud.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, PT Penerbit Erlangga kembali menyosiali­sasikan aplikasi laporan perkem­bangan anak Paud (ALCAPAP) kepada sekolah-sekolah. Kali ini, giliran seluruh kepala sekolah Paud se-Gunungputri yang diperke­nalkan tentang aplikasi yang mempermudah pemberian nilai berbasis teknologi tersebut.

Team Marketing PT Penerbit Erlangga, Yoga Erlangga menga­takan, pengenalan ALCAPAP tidak jauh berbeda dari sebe­lumnya. Seperti peman­faatan aplikasi untuk melakukan penilaian terkait perkembangan anak didiknya.

“Enam aspek penilaian juga turut kami berikan petunjuk penggunaan yaitu perkemba­ngan seni, moral agama, fisik motorik, kognitif, bahasa, serta sosial emosional,” jelasnya.

Adapun perbedaan dari sosialisasi ALCAPAP yang dilakukan PT Penerbit Erlangga, sambung dia, ALCAPAP kali ini merupakan versi terbaru yang beberapa lalu sudah dikembangkan Erlangga. Saat ini, hasil print out nilai pada ALCAPAP sudah dapat menera­kan logo sekolah, agar bisa memberikan nilai jual sebuah sekolah yang sudah menerapkan sistem penilaian berbasis teknologi.

“Alham­dulillah semua sekolah Paud di Gunungputri tertarik akan aplikasi yang kami berikan. Mereka akan bekerja sama dan kami berikan aplikasi secara gratis,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Paud Taam Baitu­rohim, Sanih mengatakan, adanya aplikasi penilaian canggih seperti ini dapat memberikan nilai jual tersendiri bagi sekolah-sekolah yang menggu­nakan.

Selain penilaian yang diberikan pada anak didik semakin mudah, guru-guru juga semakin kekinian untuk melakukan sistem penilaian hasil tumbuh kembang anak.

“Jadi, hasil print out nilai berdasarkan aplikasi tersebut lebih menarik ketim­bang rapor dengan tampilan milik pemerintah. Sehingga sekolah-sekolah juga bisa mendesain cover rapornya dan di dalamnya print out dari ALCAPAP,” tandasnya.(cr2/c)