25 radar bogor

PBB Sah Nomor 19 Peserta Pemilu

BANGGA: Yusril Ihza Mahendra (kiri) resmi mendapat nomor 19 sebagai nomor urut peserta pemilu, kemarin.

JAKARTA–RADAR BOGOR,Status sebagai peserta pemilu resmi didapat Partai Bulan Bintang. Melalui keputusan KPU, PBB yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra juga resmi mendapat nomor 19 sebagai nomor urut peserta pemilu.

Penetapan PBB sebagai peserta pemilu ditetapkan melalui Surat Keputusan KPU Nomor 38 tertanggal 6 Februari 2018. Disaksikan para liaison officer dari parpol peserta pemilu lainnya, Ketua KPU Arief Budiman menyerahkan SK penetapan PBB, berikut dengan nomor urut 19. “Keputusan ini berlaku sejak dibacakan,” kata Arief dalam pleno penetapan PBB di kantor KPU, kemarin (6/3) malam.

Yusril didampingi Sekretaris Jenderal Afriansyah Noor nampak semringah menerima nomor urut 19 itu. Selain pengurus PBB yang meramaikan kantor KPU, nampak hadir pula mantan Dubes RI untuk Jepang yang juga adik Yusril, Yusron Ihza Mahendra. “Bagi saya nomor 19 itu nomor baik. Saya suka nomor 19,” kata Yusril.(jp)

Dalam sambutannya, Yusril menyatakan keputusan KPU untuk menetapkan PBB sebagai peserta pemilu, adalah nikmat yang harus disyukuri. Apalagi, penetapan ini dilakukan setelah perjuangan PBB melalui jalur konstitusional, sebagaimana diatur UU Pemilu. “Malam ini dapat kita saksikan PBB adalah partai yang sah,” kata Yusril.

Menurut Yusril, dirinya tahu betul kerja keras para kader, demi mengupayakan agar PBB lolos sebagai peserta pemilu. Kerja tersebut sempat memunculkan rasa kecewa, karena keputusan KPU sebelumnya. “Kami sempat kecewa, namun kini kekecewaan itu terobati,” kata Yusril.

Yusril memberi apresiasi pada Bawaslu yang telah mengambil keputusan yang obyektif. Mantan menteri hukum dan HAM itu juga mengapresiasi KPU yang merespon cepat keputusan Bawaslu, sesuai tenggat waktu yang diberikan. “Kami sangat menghargai jiwa besar KPU, yang tidak melanjutkan perselisihan atau perbedaan pendapat ini,” kata Yusril.

Tak lupa, Yusril berterima kasih kepada para alim ulama, khususnya kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj. Yusril menilai berkat doa dari Said dan para ulama, PBB akhirnya bisa lolos menjadi peserta pemilu 2019. Sosok Said sendiri secara terbuka mendoakan PBB agar bisa lolos.

“Beliau-beliau adalah para ulama yang makbul doanya,” kata Yusril. (bay)