Beranda Bogor Raya Selangkah Lagi Masjid Jadi Kebanggaan

Selangkah Lagi Masjid Jadi Kebanggaan

MEGAH: Masjid Raya Kecamatan Sukamakmur yang sudah finishing.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Pembangunan Masjid Raya Kecamatan Sukamakmur, yakni Masjid Al Anshoriyah memasuki tahap akhir. Masjid yang diharapkan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Sukamakmur ini, pembangunannya sudah mencapai 98 persen. Rencananya, April mendatang masjid segera diresmikan.

“Insyaallah, April akan selesai dan diresmikan oleh bupati Bogor,” ujar Camat Sukamakmur Zaenal Ashari kepada Radar Bogor, kemarin (4/3).

Ia melanjutkan, masjid tersebut dibangun mulai pertengahan 2017 dengan anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bogor sebesar Rp4,6 miliar. Dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi, masjid bisa menampung sekitar 1.500 jamaah dan ditunjang lahan parkir dan halaman yang luas.

universitas nusa bangsa unb

“Tanah itu dihibahkan oleh tokoh setempat, H Amshor, karena lokasinya strategis berada di pinggir jalan Kabupaten Bogor, sehingga masyarakat umum bisa mengetahui,” terangnya.

Karena dianggap bakal menjadi ikon dan kebanggaan di Sukamakmur, lanjutnya, masyarakat juga ikut berswadaya membangun fasilitas lainnya. Salah satunya, pagar. “Tempat parkir yang tidak masuk ke dalam RAB juga akan diusahakan melalui swadaya di lahan 1.000 meter,” tuturnya.

Dirinya berharap, masyarakat Sukamakmur yang mayoritas muslim dapat meningkatkan lagi syiar agamanya di masjid yang akan menjadi kebanggaannya. Bahkan, ke depan harus ada beragam kegiatan agar mengeratkan kekeluargaan antar-masyarakatnya.

“Kalau dulu kegiatan hanya di masing-masing desa, nanti bisa menggunakan masjid raya untuk kegiatan masyarakat se-Kecamatan Sukamakmur,” pungkasnya.(rp2/c)