Beranda Bogor Raya Kontur Tanah Labil, Jalan Rawan Ambles

Kontur Tanah Labil, Jalan Rawan Ambles

Kondisi jalan yang ambles tergerus hujan. Saat ini sudah bisa dilalui berkat kesigapan aparat desa, kecamatan, dan Dinas PUPR yang memperbaiki sementara dengan batuan.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini, membuat jalanan rawan ambles.

Seperti dikatakan Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I Kabupaten Bogor Agus Sukwanto, ruas jalan Sukamantri–Karang Tengah Kecamatan Babakan Madang dan ruas Jalan Pasir Karet–Pasir Angin, Kecamatan Sukaraja, hampir setiap tahun ambles.

”Kalau di Sukamantri jalan ambles, di Pasir Karet itu longsoran menutup jalan. Jalan di Sukamantri itu belum lama ini ambles lagi,” jelas Agus.

universitas nusa bangsa unb

Dirinya melanjutkan, jalan-jalan yang rawan longsor diakibatkan kontur tanah yang labil. Selain karena jalan-jalan tersebut termasuk aktif digunakan.

”Mudah-mudahan tahun ini tidak ada longsor lagi,” tuturnya.

Agus menerangkan, perbaikan yang dilakukan sudah maksimal berkat koordinasi yang terjalin baik antara desa, kecamatan dan Dinas PUPR.

”Jalan-jalan yang ambles sudah bisa dilewati,” jelasnya.

Terpisah, Camat Babakan Madang Yudi Santosa mengaku sering amblesnya ruas jalan tersebut karena memang ramai dilewati pengendara, baik roda dua maupun empat, terlebih jika di hari libur.

”Jalan tersebut masuk agenda pembangunan Jalan Ruas Sukamantri–Karang Tengah yang akan direaliasikan tahun ini,” pungkasnya.(wil/c)