Beranda Bogor Raya Ubah Citra Macet Cibubur

Ubah Citra Macet Cibubur

FOTO : DOK NTMC
BAKAL BERKURANG: Antrean panjang kendaraan di Jalan Transyogi Cibubur diperkirakan akan berkurang seiring beroperasinya layanan transportasi yang terhubung dengan kawasan properti.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Integrasi properti dengan transportasi massal menjadi aspek penting bagi setiap pengembang real estate. Penggabungan ini dinamakan transit oriented development (TOD).

Kawasan TOD nantinya akan terdiri dari beberapa bangunan vertikal dengan varian fungsi seperti rumah susun, sekolah, pasar, perkantoran, apartmen, pusat perbelanjaan dan hotel. CEO Strategic Development & Services Sinar Mas Land Ishak Chandra menjelaskan, potensi hunian di koridor timur Jakarta adalah yang akan berkembang paling pesat saat ini. Hal ini dikarenakan harga tanah di area Jakarta Selatan, Pusat dan Barat sudah tinggi dan tren huniannya sudah mengarah ke vertikal.

”Sementara itu, hunian di pinggir kota seperti Cibubur dilengkapi akses transportasi publik yang mudah dan terintegrasi, sehingga kawasan ini menjanjikan keuntungan berinvestasi berlipat di masa mendatang,” ujarnya.

universitas pakuan unpak

Ia menambahkan, kawasan hunian dan komersial terpadu yang terintegrasi dengan sistem transportasi massal akan menjadi solusi atas kehidupan masyarakat Jakarta yang semakin hari semakin terjebak dalam kemacetan.

”Bayangkan, Cibubur-Cawang yang berjarak 15 kilometer dijamin hanya akan membutuhkan lama perjalanan sekitar 15 menit saja,” ujarnya.

Jika LRT sudah resmi beroperasi, citra Cibubur diprediksi akan berubah, terutama di pasar properti. Kawasan TOD juga akan saling terintegrasi dengan kawasan TOD lainnya. Konsep TOD juga menyasar wilayah Cibubur melalui sarana transportasi light rapid transit (LRT) dengan rute Cibubur-Cawang-Dukuh Atas.

Rencanya, LRT sudah bisa dinikmati pada tahun ini.

Tak hanya itu, warga Cibubur juga bakal mengakses Tol Cimanggis-Cibitung yang mulai beroperasi 2018. Tol ini nantinya akan terhubung juga dengan Tol Jagorawi dan Tol JORR 2, serta Tol JORR W2 ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.(*/cr2/b)