Beranda Bogor Raya FO Cipinang Lontar Kurangi Kemacetan

FO Cipinang Lontar Kurangi Kemacetan

UJI COBA: Tampak pengguna jalan akan melintasi Flyover Cipinang Lontar yang baru diuji coba, kemarin.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Flyover (FO) Cipinang Lontar, Jakarta Timur, mulai diuji coba kemarin (28/2). Setelah masa uji coba, akan dilakukan evaluasi sebelum dioperasionalkan secara permanen.

”Kami uji coba dulu seminggu hingga tiga minggu. Jika tak ada kendala maka akan dipermanenkan. Operasional Flyover Cipinang Lontar ini untuk keamanan dan kenyamanan pengendara,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal di lokasi, Selasa (27/2).

Pembangunan FO Cipinang Lontar memakan waktu sekitar 12 bulan. Panjang flyover ini yakni 550 meter dengan lebar jalan 13 meter, dan menghubungkan Jalan Bekasi Timur dan Jalan Raya Bekasi. Dengan adanya flyover ini, nantinya kendaraan tidak lagi melewati perlintasan kereta api

universitas nusa bangsa unb

Sementara, Kasi Lalu Lintas Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Andreas Eman menambahkan, untuk kelancaran lalu lintas, pihaknya mengerahkan 15 personel. Mereka bergabung dengan aparat kepolisian untuk memandu kendaraan yang akan melintas di atas flyover.

Diperkirakan, jika sudah dioperasikan permanen, flyover ini bisa mengurangi kemacetan lalu lintas sekitar 40 persen di sekitarnya.

”Karena masih uji coba maka kami akan terus pantau perkembangannya. Rambu-rambu pengatur lalu lintas sudah kami pasang agar pengendara mengetahui,” kata Andreas Eman.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang bersinggungan dengan flyover. Namun untuk sementara, perlintasan rel kereta api belum ditutup. Karena harus dibahas terlebih dahulu dengan pihak terkait.(bej)