Beranda Bogor Raya Bau Kandang Ayam Bikin Resah

Bau Kandang Ayam Bikin Resah

Andika/Radar Bogor
DITEGUR: Petugas Satpol PP Unit Kecamatan Cijeruk menegur salah satu pemilik kandang ayam.

CIJERUK–RADAR BOGOR,Unit Satpol PP Kecamatan Cijeruk merespons keluhan warga terkait aroma tak sedap yang datang dari kandang ayam di Kampung Pasir Eurih RT 02/07, Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk. Meski pemilik sudah didatangi, namun belum ada respons.

Kanit Satpol PP Kecamatan Cijeruk Masykur menerangkan, ada tiga pemilik kandang ayam di Kampung Pasir Eurih. Radius tiga kandang ayam dengan pemukiman warga memang dikatakan jauh, yaitu sekitar 2.000 meter. Namun, tetap saja baunya mengganggu.

”Kami sudah sampaikan ke pemilik, bagaimana mencari cara agar kandang-kandang tersebut tidak menimbulkan keresahan terhadap warga,” tegasnya.

universitas pakuan unpak

Masykur juga sudah mempertanyakan ihwal perizinannya. Diketahui, sang pemilik kandang mengantongi izin dari pihak desa. Namun, statusnya masuk kategori peternakan warga biasa, bukan perusahaan besar. Pasalnya, kapasitas peternakan ayam di Kampung Pasir Eurih tersebut di bawah 2.000 ekor.

”Mengenai perizinan, semuanya sudah ditempuh pemilik. Dari mulai izin warga hingga ke pihak desa. Kenapa izin tidak sampai ke dinas? Karena peternakan tersebut terbilang kategori ternak warga biasa,” bebernya.

Selanjutnya, penyebab adanya limbah dan bau kotoran serta lalat ke pemukiman warga, kata Masykur, karena pemilik kandang menyimpan kotoran ayam di dalam karung dan belum diangkut. Maka untuk mengantisipasinya, karung berisi kotoran tersebut nantinya akan dipindahkan ke tempat yang lebih jauh dari warga.

Sebelumnya, Kholil (50) warga setempat mengeluhkan peternakan ayam petelur di wilayahnya. Sebab, mengakibatkan bau tak sedap dan mengundang banyak lalat.

”Kami minta peternakan segera ditegur saja oleh instansi terkait. Kalau tidak ada iktikad baik dari pemilik untuk memperbaiki izin lingkungan, maka kami dan warga sekitar minta ditutup saja,” ketusnya. (dka/c)