Beranda Bogor Raya Jalan Ambles Dipasang Beronjong

Jalan Ambles Dipasang Beronjong

galuh/radar bogor
AMBLES: Pemerintah Desa Pabuaran Kecamatan Sukamakmur saat membersihkan material jalan ambles dan mengumpulkan batu untuk keperluan beronjong, kemarin (27/2).

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR,Amblesnya jalan di Kampung Leuwicatang RT 06/03, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, perlu penanganan serius. Pemerintah Kecamatan Sukamakmur telah berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan wilayah Jonggol untuk membantu penanganan dari ahli.

Camat Sukamakmur Zaenal Ashari mengatakan, jalan tersebut sebenarnya telah diperbaiki beberapa hari sebelumnya. Namun, karena hujan terus mengguyur dan aliran Kali Cijanggala terus menggerusnya, membuat jalan terkena erosi dan kembali ambles. Ia mengaku telah mengecek langsung ke lokasi dan meminta pemerintah desa untuk melakukan antisipasi terlebih dahulu agar kerusakan tidak melebar.

“Karena itu jalan desa sehingga tidak mungkin kita mengajukan anggaran dan dikerjakan oleh UPT Jalan dan Jembatan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (27/2).

universitas pakuan unpak

Supaya anggaran swadaya tidak mubazir, pihaknya akan mengundang UPT Jalan dan Jembatan agar mendapatkan solusi terbaik agar jalan tidak kembali ambles. Terpenting masyarakat tidak merasa didiamkan oleh pemerintah.

“Rencananya akan diberonjong sebagai antisipasi, mungkin besok (hari ini, red) atau lusa tenaga ahli dari UPT Jalan dan Jembatan akan datang ke lokasi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPT Jalan dan Jembatan wilayah Jonggol Didih Karsidi mengaku siap membantu. Namun, bantuan yang akan diberikan dalam bentuk kajian secara teknis dan pengarahan. “Kalau detail hingga ke pergerakan tanah itu khusus ke geologi.

Kami hanya secara visual dan penanganan sementara,” imbuhnya.

Terpisah, Sekdes Pabuaran Wahyudin mengaku telah menyiapkan beberapa material untuk pembuatan beronjong. Dengan dibantu masyarakat secara gotong royong, dirinya berharap pengerjaan bisa segera dilakukan.

“Kami sudah kumpulkan batu untuk keperluan beronjongnya hari ini (kemarin, red), mudah-mudahan kalau cuaca baik bisa segera dikerjakan,” pungkasnya.(rp2/c)