Beranda Pendidikan SMAN 2 Bogor Bedah Buku

SMAN 2 Bogor Bedah Buku

MENYIMAK: Para peserta bedah buku di SMAN 2 Bogor.

BOGOR–RADAR BOGOR, Mendukung penuh gerakan literasi di sekolah yang saat ini digalakkan oleh pemerintah, SMAN 2 Bogor senantiasa menumbuhkan kecintaan siswayang terhadap budaya membaca.

Biasanya 15-20 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. Nah, Kamis (22/2) lalu, bekerja sama dengan Ikatan Alumni SMAN 2 Bogor (ILUNI SMANDA), sekolah ini menggelar kegiatan bedah buku yang mengangkat tema ‘Bahasa Membuka Jendela Dunia’.

Menurut guru SMAN 2 Bogor penanggung jawab kegiatan, Ayi Nurul Hazijah, ini pertama kalinya diadakan bekerja sama dengan ILUNI SMANDA di bawah bimbingan Doni B Prasetyo. ”Dan hari ini terdapat dua pemateri dari ILUNI SMANDA juga, yaitu Ibu Nina Nasutian dan Fathie Bawazier yang saat ini sudah menerbitkan buku,” kata Ayi.

universitas nusa bangsa unb

Dengan kegiatan ini, Ayi berharap kedua orang alumni tersebut mampu memberikan motivasi kepada siswanya. ”Semoga bisa mengembangkan bakat siswa, khususnya kelas 10 dan 11 yang hadir pada hari ini mengenai bakat dan kemampuan mereka dalam menulis dan mengembangkan potensi dirinya masing-masing,” katanya.

Harapan tersebut pun disampaikan salah seorang pemateri pada hari itu, Fathie Bawazir. Ia mengatakan dari penyampaian materinya mengenai novel yang ia tulis berdasarkan pengalaman pribadinya tersebut, siswa bisa mengambil sisi positifnya. Ke depannya akan ada bibit dari SMAN 2 Bogor yang bisa menjadi seorang penulis.

”Karena bagi saya, manfaat terbesar yang saya dapatkan dari menulis adalah bisa mensyukuri setiap hal dan setiap nikmat Allah yang kita ingat-ingat kembali saat menulis,” tuturnya.

Penulis buku ‘Lost in USA’ tersebut menambahkan, dirinya bahkan tidak punya bakat atau latar belakang dalam menulis.Tapi dirinya bisa menerbitkan sebuah buku lewat penerbit terbesar di Indonesia, yaitu Gramedia.

”Tentu melalui seleksi dan penilaian mereka sehingga tulisan saya dianggap layak untuk diterbitkan, maka itu saya berharap bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelas,” beber nya.

Siswa SMAN 2 Bogor kelas 11, Galan Subiansyah mengungkapkan, sangat senang meng-ikuti kegiatan ini karena menambah pengetahuan baginya.(cr1/c)