Beranda Berita Utama Menghidupkan Kembali Telaga Saat, Hulu Ciliwung Yang Sekarat

Menghidupkan Kembali Telaga Saat, Hulu Ciliwung Yang Sekarat

ist-Sofyansyah/Radar Bogor
SELAMATKAN CILIWUNG: Personel TNI dan peserta Ngalokat Sirah Cai Ciliwung membersihkan gulma-gulma dari Telaga Saat di perbukitan Cisarua kemarin (25/2).

Pantas saja Ciliwung kerap mengamuk dan berujung bencana. Kawasan hulu sungai yang menjadi urat nadi separuh Jawa Barat dan DKI Jakarta itu dibiarkan mati. Salah satunya, Telaga Saat yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Sesuai namanya, telaga tempat berkumpulnya air dari 13 mata air itu terus mengalami pendangkalan.

KABUT yang turun menyeli­muti perkebunan teh pagi kemarin menyambut rombongan TNI-Polri bersama 114 komunitas pencinta lingkungan di hutan Cisarua.

Dipimpin Komandan Korem 061/Suryakancana Kolonel Infantri Muhamad Hasan, ribuan peserta ”Ngalokat Sirah Cai Sungai Ciliwung’’ menyusuri jalan setapak menuju Telaga Saat, hulu Sungai Ciliwung.

universitas pakuan unpak

Lokasi Telaga Saat berada di ketinggian 2.182 meter di atas permukaan laut (MDPL). Akses menuju telaga cukup berat dengan bebatuan licin akibat longsoran-longsoran kecil. Namun pemandangan…Selengkapnya Baca Epaper Radar Bogor Hari Ini