Beranda Female Tak Sulit, Bikinnya Banyak Cara

Tak Sulit, Bikinnya Banyak Cara

SIMPEL: Liu menata bakpao yang sudah dibentuk dan siap dikukus.

Liujafra tidak pernah mene­mukan kendala maupun kesulitan berarti dalam mengikuti lomba maupun demo masak. Termasuk saat memberikan resep membuat bakpao. ”Kalau lomba ada persiapan khu­sus. Kalau demo ini cukup menyajikan bakpao yang biasa saya buat aja,” tukasnya.

Meskipun menggunakan metode dasar, pembuatan bakpao yang dipamerkannya memiliki orisinalitas yang dipastikan memiliki perbedaan. Selain menjadi warisan, resep dan konsep pembuatan bakpaonya juga menjadi warisan turun-temurun. ”Banyak cara membuat bakpao. Kalau saya gunakan apa yang sudah saya terima dari orang tua,” ucapnya.

Bahan utama pembungkus atau rotinya dibuat dari adonan tepung terigu. Setelah diisi daging atau bahan isian lainnya, bakpao dikukus sampai matang dan mengembang.

universitas nusa bangsa unb

Pada umumnya, untuk mem­bedakan bakpao tanpa daging (vegetarian) dari yang berisi daging, biasanya di atas bakpao yang berisi daging diberi tanda titik warna merah. Karena itu, kata Liu, membuat bakpao tidak sulit.

Apalagi, saat ini ada internet yang semakin memudahkan masyarakat melihat berbagai resep dalam bentuk tulisan atau praktik langsung melalui Youtube.

Bagi Liu pun, tantangan untuk mengikuti kegiatan demo masak nyaris tak pernah ditemui. Terlebih, ditunjang dengan aktivitas Liu yang justru lebih besar dihabiskan untuk memasak.

Perjalanan hidup yang dilaluinya tak menemukan tanta­ngan, karena waktu yang terbuang beriringan dengan penyaluran hobi. ”Kalau sudah hobi, masak jadi hiburan,” ucapnya.(azi/c)