25 radar bogor

Penanganan Bencana Dibuat Lebih Teratur

WASPADA: Longsor terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, salah satunya di Kecamatan Cijeruk. Warga harus lebih waspada, terlebih setelah keluarnya peringatan pergerakan tanah.

CIJERUK–RADAR BOGOR, Penanganan bencana di Kecamatan Cijeruk dinilai kurang maksimal. Seperti pada musibah longsor yang terjadi di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, beberapa pekan lalu, kurang fasilitas pendukung.

Camat Cijeruk Hidayat Saputra menyebut, masih banyak yang harus dievaluasi. Seperti tidak adanya posko dapur umum, pusat informasi media, dan posko bantuan bencana. Ia mengaku prihatin atas kekurangan–kekurangan tersebut.

”Para relawan harus membeli sendiri konsumsinya. Memang penanganan cukup bagus, namun bagi saya ada yang kurang, yaitu tidak adanya dapur umum,” bebernya.

Maka dari itu, pihak kecamatan melakukan simulasi dapur umum untuk melatih agar penanganan paska bencana cepat dan teratur. Segala informasi dan bantuan juga dapat terdata di satu atap.

”Informasi korban awalnya saja sudah simpang siur, karena menanyakan bukan ke satu pihak tetapi ke beberapa orang,” bebernya.(dka/b)