Beranda Ekonomi Kenalkan Ragam Durian Lokal Nusantara

Kenalkan Ragam Durian Lokal Nusantara

Foto : Omer Ritonga / Radar Bogor
MUSIM DURIAN: Pemilik menunjukkan durian lokal yang jadi andalan Saung Durian Bobats.

BOGOR–RADAR BOGOR, Semakin hari minat masyarakat terhadap buah durian semakin tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya gerai yang menjual durian. Tak jarang juga digelar berbagai kegiatan terkait dengan durian.

Salah satu toko yang menyediakan durian, khususnya durian lokal, yakni Saung Durian Bobats di Jalan Raya R3, Baranangsiang. Pemilik saung, Jemmy Charter mengatakan, sejak buka dan beroperasi, yang dijual seluruhnya durian lokal.

Bahkan saat ini, tersedia jenis durian lokal Kabupaten Bogor yakni durian cengal. “Durian cengal asli dari Jasinga dan Leuwiliang,” terang ­Jemmy kepada Radar Bogor, kemarin. Durian cengal berbeda dengan durian lokal lainnya. Memiliki rasa dan warna yang khas serta bentuk yang lebih tebal untuk dagingnya.

universitas pakuan unpak

Cengal juga memiliki ukuran yang beragam. Harga relatif lebih murah dibandingkan durian lokal dari daerah lain mau­pun durian monthong da­ri negara tetangga. Harga durian cengal dibanderol mulai Rp70 ribu per kilogram. Harga per buahnya disesuaikan dengan berat atau besarnya durian.

Saat ini, stok durian cengal ini cukup banyak. Tersedia juga durian lokal dari daerah lain. “Harga macam-macam. Bisa pilih yang pas di saku,” tambah Jemmy. Saung buka sejak pagi hingga dini hari. Konsumen juga bisa menik­mati durian dengan suasana yang nyaman.

Lantaran saung ini cukup banyak dikelilingi pepohonan hingga menambah nyaman saat menikmati durian. Menu­rut Jemmy, saungnya men­jual durian lokal karena ingin mengangkat petani durian. ”Makin banyak yang menikmati dan menyukai durian lokal, perekonomian petani durian akan meningkat dan terangkat,” katanya.

Masyarakat pun bisa menikmati durian lokal, karena harga yang dibanderol lebih rendah dari harga mal atau toko. Apalagi, durian lokal Indonesia dan Bogor khususnya memiliki kualitas dan kuantitas yang tidak kalah saing dengan durian dari negara tetangga.(mer/c)