Beranda Metropolis Gelar Bazar Jelang CGM

Gelar Bazar Jelang CGM

BOGOR–RADAR BOGOR, Puncak perayaan Bogor Street Fest CGM 2018 tinggal menghitung hari. Sebelum hari H, Jumat (2/3), berbagai kegiatan sudah dilakukan. Salah satunya, bazar Bogor Street Fest CGM 2018.

Ketua pelaksana bazar CGM, Ng Kie Hioen mengatakan, tema bazar tahun ini akulturasi busana dan makanan tradisional dari Tionghoa dan nusantara. Meski kegiatan rutin, kali ini banyak acara baru dan pertama kali dilakukan.

“Tidak cuma booth, setiap hari ada kegiatan di panggung. Pastinya semua acara menggambarkan akulturasi dan memadukan tradisional Tionghoa dan nusantara. Ada makanan dan kesenian,” jelas Ng Kie Hioen kepada Radar Bogor, kemarin (22/2).

universitas nusa bangsa unb

Wanita yang akrab disapa dengan Kie Hioen ini menambahkan, ada beberapa kali demo masakan khas Thionghoa dan nusantara khususnya Sunda. Di antaranya demo cakue, bacang, onde, asinan jagung dan kembang goyang. Panitia juga menjelaskan sejarah dan cerita singkat terkait jenis makanan tersebur.

Di bagian kuliner, tak hanya demo masakan dari peserta bazar dan panitia serta lomba. Ada lomba memasak dan menghias superbihun. Sedangkan untuk bidang seni dan fashion, dilakukan fashion show berbusana dengan kain dan tutorialnya. Termasuk perlombaan menggunakan kebaya encim dengan kategori TK dan SMP-SMA.

Selain itu, ada lomba tari tradisional kategori SD dan SMP-SMA, dengan peserta 3–5 orang. Masih fashion, lomba busana batik oriental look untuk kategori TK dan SD. Pada hari pertama, fashion show berbusana dengan kain dan sekaligus tutorialnya oleh Komunitas Cinta Berkain (KCB).

Juga lomba mewarnai kategori TK dan SD (kelas 1-3 SD). Untuk peserta dikenakan biaya, lomba mewarnai Rp40 ribu dan lainnya Rp50 ribu. Bahkan, panitia juga menjual paket sembako murah kepada masyarakat kurang mampu.

Hanya dengan Rp40 ribu, sudah mendapatkan beras lima liter, minyak goreng kemasan 800 ml, gula pasir satu kilogram, dan beberapa bungkus superbihun.

Bazar tahun ini diisi dengan 26 booth, di antaranya ada dari perbankan, kuliner makanan dan minuman, fashion batik dan kaus, serta OVO. Termasuk juga aksesori dan suvenir Bogor Street Fest CGM 2018.(mer/c)