Beranda Berita Utama 5 Tewas, 18 Hilang,14 Selamat, Longsor Timpa Petani Brebes

5 Tewas, 18 Hilang,14 Selamat, Longsor Timpa Petani Brebes

FOTO:TEGUH SUPRIYANTO/RADAR BREBES
MENCEKAM:Foto insert menunjukkan detik-detik penyelamatan korban longsor Brebes. Foto bawah, pejabat Pemkab Brebes meninjau lokasi bencana longsor di Desa Pabuaran, Kecamatan Salem.

JAKARTA–Bencana tanah longsor terjadi Brebes, Jawa Tengah, kemarin (22/2). Longsor terjadi tanpa didahului turun hujan di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, pada pukul 08.00 WIB. Hasil evakuasi hingga pukul 14.30, dilaporkan 5 korban meninggal dunia, 18 orang hilang, serta 14 orang selamat dalam kondisi luka-luka.

Longsor terjadi di hutan produksi milik Perhutani Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Salem petak 26 RPH Babakan. Luncuran material tanah me­nimbun para petani yang sedang bekerja di­ sawahnya. Longsor dari perbukitan turun menuruni lereng mengikuti kontur tanah dan gravitasi sehingga mener­jang sawah di bawahnya.

Hujan dengan intensitas deras memang melanda wilayah Kecamatan Salem dalam beberapa hari terakhir.

universitas pakuan unpak
MENCEKAM:Foto insert menunjukkan detik-detik penyelamatan korban longsor Brebes

 

Hujan menimbulkan titik-titik mata air baru yang berada di wilayah hutan Perhutani Gunung Lio. “Kondisi ini menyebabkan beban air tanah bertambah dan menyebabkan…Selengkapnya baca Epaper Radar Bogor Hari Ini