Beranda Bogor Raya Touring hingga Sumatera Barat

Touring hingga Sumatera Barat

CIAB FOR RADAR CIBUBUR
CARI YANG POSITIF: Para member Cileungsi Independent All Bikers makan di salah satu resto di sela-sela acara touring mereka.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Dipersatukan melalui hobi yang sama di bidang otomotif, Cileungsi Independent All Bikers terbentuk. Kecintaan para member-nya terhadap traveling membuat mereka memutuskan berkumpul.

Saat ini, 10 orang terdaftar secara resmi sebagai anggota member yang berasal dari Cileungsi, Cibubur, dan wilayah sekitarnya.

Ketua Cileungsi Independet All Bikers, Ahmad Aulia mengatakan, dia­wali dengan hobi para member akan jalan-jalan menggunakan motor, komunitas ini terbentuk pada April 2012. Untuk kedaraannya pun tidak terpatok alias semua jenis atau all varian. Tidak ada spesialisasi akan satu jenis motor dalam komunitas ini.

universitas nusa bangsa unb

”Kami lebih ke motor yang standar, karena touring-nya itu jauh-jauh, jadi gak mungkin motor custom. Rencananya ke depan kami ingin bangkit lagi, karena sementara ini member banyak yang bekerja dan harus lebih didahulukan,” katanya.

Selama enam tahun komunitas ini berdiri, lanjutnya, ada keseruan menja­lankan komunitas dengan touring atau jalan-jalan, yakni ketika perjalanan jauh. Juga bisa lebih memahami serta mengetahui kebudayaan masyarakat setempat hingga tata cara kehidupan wilayah-wilayah lain.

”Saat melakukan perja­lanan jauh orang yang belum kami kenal, sekalinya ketemu, sudah merasa seperti saudara. Kami dijamu dan diperlakukan dengan sangat baik, ketika touring dan bertemu komunitas lain,” ujarnya.

Touring terjauh yang pernah dilakukan adalah saat pergi ke Sumatera Barat. Di sana, lanjut Ahmad, komunitas tersebut belajar banyak mengenai kebudayaan aslinya, baik tradisional maupun budaya modern yang masuk dan memahami tata cara penyikapan masyarakat setempat terhadap kedatangan orang baru.

”Komunitas all varian ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Di setiap wilayah kota maupun kabupaten juga sudah berdiri. Harapannya komunitas ini bisa bermanfaat bagi masyarakat secara luas. Komunitas ini merupakan organsiasi yang harus mengarah ke kegiatan positif,” pungkasnya.(cr2/c)