25 radar bogor

Siswa Bogor Sulit Daftar SNMPTN

KESULITAN: Sejumlah siswa di salah satu sekolah tengah mengakses situs snmptn

JAKARTA–RADAR BOGOR,Pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) hari pertama kemarin (21/2) tidak berjalan lancar. Di beberapa daerah muncul laporan tidak bisa mengakses masuk ke website pendaftaran. Diduga karena tingginya traffic ke laman SNM PTN, membuat server down atau lemot.

Di antara laporan masalah pendaftaran SNMPTN muncul di Kota Bogor. Sejumlah siswa di beberapa sekolah di Kota Hujan tidak bisa mendaftar SNMPTN sampai siang hari. Sejumlah siswa mengatakan sempat terkoneksi ke laman pendaftaran, tetapi terputus di tengah jalan.

Keluhan serupa juga terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Beberapa siswa mengalami gangguan saat mencoba untuk mendaftar di laman SNMPTN. Sampai tadi malam panitia pusat SNMPTN irit bicara terkait gangguan tersebut. Ketua Pokja SNMPTN Budi Prasetyo mengakui memang ada sedikit masalah di hari pertama pendaftaran SNMPTN.

’’Karena tadi (kemarin, red) diakses dua juta (siswa, red) dalam waktu bersamaan,’’ tuturnya tadi malam (21/2).

Seluruh siswa itu mengakses laman pendaftaran SNMPTN hanya untuk sekadar mengetahui mereka masuk pemeringkatan untuk bisa daftar SNMPTN atau tidak. Seperti diketahui, tidak semua siswa di satu sekolah berhak daftar SNMPTN. Panitia SNMPTN memberikan kuota berdasarkan akreditasi sekolah.

Sekolah dengan akreditasi A mendapatkan kuota sebanyak 50 persen dari total siswa kelas XII. Kemudian sekolah dengan akreditasi B mendapatkan kuota 30 persen dan akreditasi C mendapatkan kuota 10 persen. Sementara sekolah yang belum akreditasi hanya mendapatkan kuota mendaftar SNMPTN sebesar 5 persen.

Sementara itu, Koordinator Humas SNMPTN/SBMPTN 2018 Tunjung W. Sutirto belum bisa memberikan penjelasan detail soal gangguan server tersebut. ’’Saya teruskan dulu (laporan gangguan servernya, red) ke tim PDSS (pangkalan data siswa dan sekolah, red),’’ katanya saat dikonfirmasi kemarin (21/2). (wan)