Beranda Bogor Raya Jembatan Warung Pojok Butuh Perbaikan

Jembatan Warung Pojok Butuh Perbaikan

Fikri Habibullah Muharram
PUTUS: Jembatan Warung Pojok di Kampung Kambangan I RT 01/04, Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, putus akibat longsor beberapa waktu lalu. Selasa (20/2), dilakukan perbaikan oleh pemerintah desa setempat.

CIAWI–RADAR BOGOR, Longsor di wilayah Puncak beberapa waktu lalu, masih menyisakan berbagai persoalan infrastruktur yang tak kunjung rampung. Jembatan Warung Pojok menjadi salah satu lokasi yang paling dikeluhkan warga Kampung Kambangan I RT 01/04, Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi.

Lilis (38), salah satu warga yang rumahnya terancam longsor, hanya bisa pasrah dan berharap perbaikan infrastruktur cepat dilakukan pemerintah. Halaman sisi kiri rumahnya amblas sedalam lima meter. Terlebih berada persis di depan jembatan yang longsor.

Kondisi itu pun membuat ia dan keluarganya terancam. ”Ada 16 jiwa dan tiga rumah yang terancam ambruk bila sewaktu-waktu terjadi longsor susulan. Rumah saya juga sedikit lagi ambruk,” ujarnya.

universitas pakuan unpak

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Banjarwangi Misbah Ulfalah menjelaskan, hingga kini pemerintah desa belum menerima bantuan apa pun, baik dari Pemkab Bogor maupun pusat untuk rehabilitasi jembatan.

”Selama ini perbaikan hanya mengandalkan anggaran desa yang kami miliki. Itu pun terbatas karena anggaran desa sudah ada peruntukannya. Tapi ke depannya kami akan usulkan untuk 2018,” ujarnya.

Ia melanjutkan, anggaran desa saat ini hanya cukup untuk membangun tembok penahan tanah (TPT). ”Semoga masyarakat mengerti dengan kondisi dan keterbatasan desa. Tapi kami akan terus berupaya untuk mempercepat proses perbaikan Jembatan Warung Pojok” pungkasnya.(cr3/c)